13 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Lambung

Image title
5 Agustus 2021, 15:15
Perajin jamu memotong temulawak sebagai bahan baku minuman kesehatan di Desa Bulu, Kediri. Ada banyak manfaat temulawak untuk kesehatan.
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/wsj.
Perajin jamu memotong temulawak sebagai bahan baku minuman kesehatan di Desa Bulu, Kediri, Jawa Timur, Sabtu (4/4/2020).

Temulawak adalah tanaman obat-obatan yang berasal dari Indonesia. Memiliki nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza, temulawak tersebar luas di Pulau Jawa. Juga di negara Malaysia dan Thailand. Dalam bahasa Sunda, temulawak dikenal sebagai koneng gede, sementara dalam bahasa Madura dikenal sebagai temu labak.

Temulawak juga dikenal dengan nama Java ginger atau jahe Jawa karena tanaman ini masih satu famili dengan tanaman jahe, yaitu Zingiberaceae. Temulawak dapat tumbuh subur di dataran rendah, terutama pada tanah yang gembur sehingga rimpangnya mudah berkembang menjadi besar. Temulawak juga dapat tumbuh subur hingga ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Selain sebagai bahan masakan, temulawak memiliki berbagai manfaat dan kegunaan. Adapun manfaat temulawak untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Temulawak dapat mengatasi gangguan pencernaan. Menurut jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, berbagai gangguan kesehatan pada saluran pencernaan seperti perut kembung, dispepsia, dan gangguan pencernaan dapat diatasi dengan temulawak. Penelitian menyebutkan bahwa pasien yang mengalami gangguan kesehatan seperti penyakit kolitis ulserativa menjadi semakin membaik dengan mengkonsumsi suplemen temulawak secara rutin.

2. Menambah Nafsu Makan

Bagi orang tua yang memiliki anak susah makan, temulawak bisa menjadi obat ampuh untuk meningkatkan nafsu makan. Temulawak yang sudah diolah dalam bentuk suplemen atau jamu bisa dikonsumsi oleh anak. Rempah ini dapat mempercepat proses pengosongan lambung sehingga nafsu makan akan segera meningkat kembali.

3. Mencegah Kanker

Temulawak dapat mengendalikan, mencegah, atau bahkan membunuh berbagai jenis kanker, termasuk kanker usus besar, dan payudara. Penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan Curcuma dalam temulawak dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker prostat. Kandungan antioksidan dalam temulawak dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan sehingga mampu menghambat pertumbuhan pembuluh darah yang mengakibatkan kanker.

4. Meningkatkan Daya Tahan

Semua bagian temulawak dapat digunakan, tetapi bagian rimpangnya paling efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Rimpang temulawak terdiri dari berbagai macam senyawa seperti amilase, fenolase, lemak, pati, mineral, turunan fenol (kurkuminoid) dan minyak atsiri. Senyawa tersebut terbukti efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh secara optimal.

5. Mencegah dan Menyembuhkan Jerawat

Temulawak memiliki sifat astringent yang membantu mengecilkan pori-pori kulit sehingga dapat mencegah munculnya jerawat di permukaan kulit.  Sifat antibakteri dan antioksidan dalam temulawak juga dapat menyembuhkan jerawat.

6. Pengobatan Alternatif untuk Disfungsi Hati

Kurkuminoid yang terkandung dalam temulawak memiliki khasiat mengobati gangguan kesehatan hati dan mencegah perlemakan sel hati. Beberapa penelitian ilmiah dan uji klinis telah dilakukan oleh para ilmuwan baik dari Indonesia maupun dunia, dan hasilnya secara umum mendukung penggunaan temulawak sebagai obat tradisional yang dapat digunakan untuk penyakit liver dan pegal linu.

7. Memperbaiki Jaringan Tubuh yang Rusak

Dalam dunia fisioterapi, temulawak tergolong adaptogen yaitu zat yang tidak berbahaya yang dapat mendorong peningkatan resistensi terhadap racun atau zat lain yang dapat mempengaruhi keadaan fisik, kimia dan biologis. Oleh sebab itu, temulawak dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dengan mengembalikan jaringan yang rusak menjadi normal kembali.

8. Meringankan Osteoartritis

Osteoarthritis adalah salah penyakit paling umum di Indonesia yang menyerang persendian dan tulang. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi temulawak selama empat minggu dapat membantu meringankan rasa sakit akibat osteoarthritis.

9. Mencegah Tumor

Temulawak juga memiliki manfaat mencegah kerja enzim atau komponen lain yang menyebabkan pertumbuhan sel tumor. Oleh karena itu, mengonsumsi temulawak secara rutin bagi penderita tumor adalah pengobatan yang efektif dan aman.

10. Mencegah Demam Berdarah

Kandungan minyak atsiri dalam temulawak memiliki kegunaan untuk menangkal nyamuk Aedes aegypti sehingga tidak mendekati dan menghisap darah sehingga Anda. Hal ini dapat untuk mencegah dari bahaya penyakit demam berdarah karena nyamuk jenis ini merupakan pembawa virus dengue.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...