Bergizi, Ini 11 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Susu kambing mengandung banyak nutrisi yang baik. Beberapa manfaat susu kambing untuk tubuh antara lain menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.
Image title
15 Agustus 2021, 15:57
Susu kambing mengandung banyak nutrisi yang baik. Beberapa manfaat susu kambing untuk tubuh antara lain menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/agr/wsj.
Peternak memberi makan anak kambing dari hasil persilangan di Kampung Rancawiru, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (6/7/2020). Kambing yang dibudidayakan untuk produksi susu dari persilangan kambing perah Alpin, Saanen dan Sapera ini mampu memproduksi susu kambing sebanyak tujuh liter perharinya yang diperuntukan sebagai bahan baku sabun, yoghurt dan minuman kefir.

Susu kambing adalah susu yang dihasilkan oleh kambing domestik. Setelah melahirkan, kambing akan menghasilkan susu selama kurang lebih 10 bulan dengan rata-rata total volume susu yang dihasilkan mencapai 2-3 liter per hari. 

Menurut data dari Badan Pangan Dunia atau Food and Agriculture Organization (FAO), kambing menghasilkan sekitar 2% dari total pasokan susu tahunan di dunia. Beberapa kambing secara khusus dibiakkan untuk menghasilkan susu.

Susu kambing secara alami memiliki butiran lemak kecil yang teremulsi dengan baik sehingga kandungan krim di dalamnya akan bertahan dalam suspensi untuk jangka waktu yang lebih lama daripada susu sapi.

Susu kambing dan produk olahannya berperan penting dalam ekonomi dunia, terutama di negara-negara berkembang. Berbagai produk manufaktur dapat dihasilkan dari susu kambing, antara lain produk cair seperti susu, produk fermentasi seperti keju, yogurt atau buttermilk, produk beku seperti es krim atau yogurt beku, mentega, dan produk susu kental dan bubuk.

Selama beberapa tahun terakhir, produk perawatan kulit berbasis susu kambing, terutama sabun buatan tangan, menjadi populer. Hal tersebut terjadi karena kandungan susu kambing yang memiliki banyak nutrisi dan vitamin.

Dari data Departemen Pertanian Amerika Serikat (United States Department of Agriculture), dalam 100 gram porsi susu kambing mengandung beberapa vitamin dan mineral meliputi:

  • Kalori: 69
  • Lemak total: 4.1 g
  • Sodium: 50 mg
  • Kalium: 204 mg
  • Jumlah Karbohidrat: 4,5 gram
  • Protein: 3,6 g
  • Vitamin A: 3%
  • Kalsium: 0.13
  • Vitamin D: 0.12
  • Vitamin C: 2%
  • Magnesium: 3%

Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan

1. Baik untuk kesehatan tulang

Susu kambing mengandung selenium dan kalsium yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi. Selenium adalah elemen penting bagi manusia. Penelitian tahun 2013 dalam jurnal Nutrients menunjukkan bahwa asupan selenium dari makanan penting untuk kesehatan tulang. Selenium berperan dalam perlindungan antioksidan, peningkatan kekebalan tubuh, dan modulasi proliferasi sel.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Susu kambing memiliki kadar oligosakarida yang lebih tinggi daripada susu sapi. Oligosakarida adalah serat prebiotik yang tidak dapat dipecah oleh saluran pencernaan manusia sehingga dianggap bebas kalori. Sebaliknya, oligosakarida melewati sistem pencernaan ke usus besar di mana mereka mendukung pertumbuhan bakteri sehat dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

3. Mencegah kembung

Komponen susu kambing paling mendekati komponen air susu ibu. Susu kambing mengandung protein A2 yang memiliki sifat anti-inflamasi. Komposisi protein susu kambing memungkinkan pembentukan dadih yang lebih lembut sehingga membantu mencerna dan mencegah kembung.

4. Mudah dicerna

Susu kambing memiliki molekul lemak yang lebih kecil, yakni sepersembilan dari molekul lemak susu sapi sehingga membuat pencernaan lebih mudah untuk mencerna dalam perut.

5. Mengurangi kadar kolesterol

Susu kambing dikenal memiliki kadar asam lemak yang tinggi. Tidak seperti lemak lainnya, asam lemak tersebut tidak disimpan sebagai lemak tubuh, sebaliknya asam lemak ini dapat memberikan dorongan energi untuk membantu menurunkan kolesterol sehingga baik untuk jantung dan gangguan usus.Susu kambing juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus mengurangi kolesterol jahat.

6. Mengandung lebih sedikit alergen

Susu sapi mengandung 20 alergen yang berbeda dan menyebabkan peradangan, gatal-gatal, kram perut, dan kolik pada bayi, sementara susu kambing tidak memiliki banyak alergen seperti susu sapi.

Sebaliknya, susu kambing memiliki kualitas hipoalergenik karena memiliki tingkat alphaS1-casei yaitu sejenis protein yang lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi sehingga tidak menyebabkan peradangan.

7. Mencegah aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke

Kandungan asam lemak yang seimbang dalam susu kambing dapat membantu menurunkan kolesterol. Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri yang disebut aterosklerosis yaitu suatu kondisi penyebab peningkatan risiko stroke dan serangan jantung.

8. Membantu menurunkan tekanan darah

Sebuah studi pada tahun 2016 yang diterbitkan dalam  Proceedings of the 1st Public Health International Conference (PHICo 2016) menunjukan bahwa susu kambing dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi pada wanita yang tidak banyak bergerak.

Susu kambing memiliki konsentrasi seng yang tinggi, yaitu mikronutrien penting untuk membantu pertahanan antioksidan dan melindungi kita dari penyakit neurodegeneratif.

 

9. Membantu metabolisme tubuh

Dalam Journal of Physiology and Biochemistry, susu kambing jauh lebih padat nutrisi daripada susu sapi. Satu cangkir menyediakan hampir 40% kebutuhan kalsium harian kita, 20% asupan vitamin B, serta sejumlah besar kalium dan fosfor. Selanjutnya, penelitian telah menunjukkan bahwa susu kambing dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dan tembaga di saluran pencernaan kita sehingga penting untuk metabolisme tubuh dan bermanfaat bagi orang yang berjuang dengan anemia.

10. Baik untuk kesehatan kulit

Susu kambing mengandung lebih banyak vitamin A dan asam laktat sehingga bermanfaat untuk meningkatkan tekstur, kualitas, dan kesehatan kulit. Oleh sebab itu, susu kambing warnanya lebih putih daripada susu sapi. Kandungan vitamin A dan asam laktat yang lebih tinggi juga membantu kulit mendapatkan nutrisi penting untuk menyingkirkan sel kulit mati dan bakteri. Konsumsi susu kambing secara teratur juga membantu mengurangi jerawat dan mencerahkan warna kulit.

11. Rendah laktosa

Studi telah menemukan bahwa konsentrasi laktosa dalam susu kambing adalah 4,1% dibandingkan dengan hampir 5% dari susu sapi. Kandungan laktosa yang lebih rendah berarti menurunkan risiko alergi terutama bagi mereka yang laktosa intoleran. Komposisi kasein susu kambing juga memungkinkan laktosa melewati usus besar dengan cepat dan mencegah gejala intoleransi laktosa. Oleh sebab itu, susu kambing baik untuk makanan bayi karena dalam beberapa kasus, bayi sering alergi terhadap susu sapi.

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa ada beragam manfaat susu kambing untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi susu kambing terbukti dapat mencegah beberapa penyakit. Namun, pastikan bahwa tidak mengonsumsi susu kambing berlebihan karena konsumsi berlebih makanan atau minuman apapun tidak baik untuk tubuh.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait