Sejarah dan Pilihan Tempat Makan Empal Gentong Cirebon yang Terkenal

Empal gentong Cirebon merupakan makanan khas dari daerah Cirebon. Memiliki cita rasa lezat dan unik.
Image title
13 Agustus 2021, 19:25
Empal Gentong Cirebon merupakan salah satu makanan yang dapat ditemukan di tempat wisata kuliner Cirebon
bagusardian16/instagram
Empal Gentong Cirebon merupakan salah satu makanan yang dapat ditemukan di tempat wisata kuliner Cirebon.

Mendengar kata Cirebon, kita mungkin teringat dengan empal gentong. Makanan khas ini populer hingga ke penjuru negeri. Rasanya yang nikmat membuat banyak orang menyukainya. Meskipun menemukan empal gentong Cirebon di daerah lain tidaklah sulit, namun mencicipinya langsung dari daerah asalnya akan berbeda cita rasanya.

Makanan ini memiliki nilai historis yang cukup dalam. Bagaimana cerita di balik manana lezat nan menggoda selera ini? Yuk simak penjelasan berikut.

Sejarah Empal Gentong Cirebon

Empal gentong merupakan makanan khas Cirebon. Jika dilihat sekilas akan banyak yang mengiranya sebagai gulai. Kedua makanan tersebut memang mirip, namun sebenarnya bereda baik dari bumbu atau cara memasaknya.

Dalam sejumlah catatan, makanan ini diperkirakan muncul pada abad ke 15 masehi dan dipercaya sebagai media penyebaran agama Islam di Cirebon. Keyakinan tersebut diperkuat dengan bahan utamanya.

Pada awal kemunculannya, empal gentong dibuat dengan menggunakan daging kerbau. Pemilihan jenis daging ini karena pada masa itu masyarakat Cirebon banyak menganut agama Hindu. Sementara sapi merupakan hewan sakral di agama tersebut sehingga tidak diperkenankan untuk dikonsumsi. Sebagai gantinya, makanan ini terbuat dari daging kerbau.

Empal gentong Cirebon ini merupakan perpaduan budaya Jawa, Arab, India, dan Cina yang berakulturasi dengan baik. Dilihat dari ciri makanannya, empal gentong memiliki kuah seperti gulai yang merupakan makanan dengan pengaruh Arab dan India. Sedangkan bumbu-bumbunya berasal dari budaya Cina dan lokal.

Selain itu, di dalam makanan ini biasanya dicampur jeroan, bahan yang sering dijumpai pada makanan khas Tionghoa. Daerah Cirebon memang menjadi pelabuhan tempat singgahnya pedagang dari berbagai negara, tak heran jika akhirnya semua budaya berakulturasi.

Sumber lain menyebutkan bahwa nama empal gentong diambil dari cara memasaknya yang dibuat di dalam kuali atau perik tanah liat atau gentong. Kemudian dimasak di atas tungku dengan bahan bakar kayu.

Proses memasak makanan ini membutuhkan waktu yang sangat lama, minimal lima jam. Poses memasak yang lama membuat empal gentong di Cirebon memiliki rasa yang lezat. Bumbu didalamnya meresap sempurna dan tekstur dagingnya juga matang dan empuk.

Empal Gentong Cirebon Terkenal

Ketika datang ke Cirebon, mungkin Anda ingin mencari makanan khas ini. Ada beberapa tempat makan empal gentong di Cirebon yang sangat terkenal. Berikut ini rekomendasi tempat untuk mencicipi empal gentong di Cirebon.

1. Empal Gentong H. Apud

Tempat yang satu ini bukan hanya terkenal namun juga legendaris. Sebab empal gentong Cirebon terkenal ini sudah ada sejak 1994. Anda bisa menemukan tenpat ini di Jl. Tujuh Pahlawan Revolusi, Jl Juanda, dan kawasan Batik Trusmi. Rasa dagingnya empuk, dan bumbunya menyatu dengan daging. Untuk mencicipi makanan ini, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 23.000 untuk satu porsi. 

2. Empal Gentong Amarta

Empal gentong Amarta tak kalah legendarisnya. Tempat ini sudah ada sejak 1997. Lokasinya ada di Jl. Ir. H. Juanda No. 37 Battembut, Kabupaten Cirebon. Harga empal gentong di tempat ini Rp 24.000. Rasanya sangat lezat dengan bumbu khas dan tekstur daging yang empuk.

3. Empal Gentong Krucuk

Anda juga bisa mencicipi empal gentong Cirebon di tempat ini yang di Jl. Slamet Riyadi No.5, Kota Cirebon. Di sini Anda akan menemukan empal gentong dengan cita rasa yang tak kalah lezatnya dengan tempat lainnya. Makanannya disajikan dengan kuah kuning serta taburan bawang merah dan kucai yang membuat rasanya semakin sedap.  Satu poris empal gentong hanya Rp 20.000, sudah termasuk dengan nasi.

4. Empal Gentong Bu Darma

Rumah makan empal gentong yang satu ini sudah ada sejak 1980 dan diteruskan dari generasi ke generasi. Letaknya di Jl. Slamet Riyadi No. 1, Cirebon. Dengan membayar Rp 22.000, Anda sudah bisa merasakan sensasi menikmati empal gentong yang legendaris ini. Pastikan hanya datang di alamat tadi, karena rumah makan ini tidak membuka cabang.

5. Empal Gentong Hj. Dian

Tempat makan empal gentong Cirebon terkenal selanjutnya yaitu empal gentong Hj. Dian. Lokasinya di Jl. Raya Ir. H. Juanda No. 84 Tengah Tani, Cirebon. Restoran ini salah satu tempat makan incaran para wisatawan yang ingin mencicipi makanan khas Cirebon. Harga satu porsi empal gentong di sini Rp 25.000. Daging yang digunakan untuk membuat empal gentong berasal dari rumah potong hewan sendiri.

Nah, itu ulasan singkat tentang sejarah empal gentong Cirebon hingga tempat makan empal gentong yang terkenal. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut saat ke daerah ini.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait