Sayuran dan Buah untuk Ibu Hamil Kaya Vitamin dan Nutrisi

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, ibu hamil perlu mengkonsumsi sayuran dan buah. Ada beberapa sayuran dan buah untuk ibu hamil yang bisa dengan mudah ditemui.
Image title
16 Agustus 2021, 11:22
Ilustrasi Sayuran dan Buah untuk Ibu Hamil
pixabay.com
Ilustrasi Sayuran dan Buah untuk Ibu Hamil

Kita semua tahu bahwa buah dan sayur memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Hal ini juga berlaku untuk ibu hamil. Dalam rangka memenuhi nutrisi untuk ibu dan calon anaknya, maka konsumsi sayuran dan buah untuk ibu hamil merupakan sebuah keharusan.

Meskipun ada buah yang dilarang untuk ibu hamil, namun secara umum buah dan sayuran memiliki nilai gizi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi yang dikandungnya.

Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

Ada banyak sekali pilihan buah yang bagus untuk ibu hamil. Buah-buahan ini mudah dijumpai dan bisa dikonsumsi setiap saat. Apa saja buah-buahan tersebut?

1. Alpukat

Buah musiman yang satu ini memiliki cita rasa dan tekstur yang khas. Biasanya buah ini dikonsumsi untuk produk olahan jus atau mencampurnya dengan bahan makanan lain. Selain rasanya enak, alpukat mengandung banyak vitamin yang baik untuk ibu hamil. Kandungan vitamin C, vitamin E, vitamin K, lemak tak jenuh tunggal, vitamin B, serat, tembaga, dan kalium sangat bermanfaat untuk memenuhi nutrisi harian ibu hamil.

Advertisement

Buah ini dipercaya bisa menjadi sumber energi serta mencegah terjadinya cacat pada tabung saraf bayi. Selain itu, alpukat juga bisa meningkatkan produksi sel pembentuk kulit dan otak pada bayi. Kalium yang terdapat di dalam alpukat juga bisa menyebabkan kaki kram yang biasanya dikeluhkan para ibu hamil.

2. Jeruk

Buah untuk ibu hamil berikutnya yang memiliki banyak kandungan nutrisi yaitu jeruk. Buah berwarna orange ini memiliki kandungan asam folat, vitamin C, dan air yang baik untuk menjaga kesehatan ibu saat sedang hamil. Vitamin C yang ada di dalam buah ini bisa mencegah terjadinya kerusakan sel serta membantu tubuh untuk menyerap zat besi lebih mudah dan cepat. Asam folat yang terkandung di dalam buah ini juga bermanfaat untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

3. Mangga

Buah tropis ini juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Kandungan vitamin A dan C dalam buah ini cukup tinggi. Bahkan diketahui dalam satu cangkir mangga bisa menyediakan 100 persen kebutuhan vitamin C harian dan lebih dari sepertiga vitamin A harian. Kedua vitamin tersebut juga sangat dibutuhkan bayi dalam kandungan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

4. Jambu Biji

Jambu biji menjadi buah yang bagus untuk ibu hamil berikutnya. Di Indonesia, menemukan buah yang satu ini tidaklah sulit. Tak perlu menunggu musim buah, sebab buah jambu biji ini biasanya di tanam di pekarangan rumah dan bisa dipanen kapan saja. Nutrisi yang ada di dalam jambu biji diantaranya vitamin C, vitamin E, polifenol, karotenoid, isflavonoid, dan asam folat. Jambu biji ini dipercaya bisa merelaksasikan otot, melancarkan pencernaan, hingga mengurangi sembelit. Buah ini bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus segar.

5. Pir

Buah ini terkenal dengan kandungan airnya yang sangat banyak. Namun selain air, masih ada nutrsi seperti serat, asam folat, dan kalium yang baik untuk kesehatan terutama untuk ibu hamil. Kalium di dalam pir berperan dalam menjaga kesehatan jantung dan merangsang regenerasi sel. Buah ini bisa dikonsumsi langsung atau dijadikan campuran dalam pembuatan sop buah.

6. Pisang

Sudah bukan rahasia lagi, jika buah yang satu ini memang kaya akan gizi. Kandungan vitamin C, vitamin B6, serat, dan kalium yang ada di dalam buah ini baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi yang ada di dalam kandungan. Serat yang tinggi bisa mecegah sembelit, dan vitamin B6 bisa mengatasi mual dan muntah di trimester pertama kehamilan.

7. Anggur

Buah yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya yaitu anggur. Buah ini kaya akan vitamin C, vitamin K, asam folat, anti oksidan, serat, pektin, dan asam organik. Antioksidan yang ada di dalam anggur inilah yang mampu menjaga daya tahan tubuh ibu hamil, dengan demikian ibu hamil tidak mudah sakit.

8. Semangka

Buah yang biasanya dikonsumi saat musim panas ini juga menjadi buah yang bagus untuk ibu hamil. Semangka bisa membantu memenuhi cairan pada ibu hamil. Cairan di dalam tubuh sangat diperlukan untuk menjaga air ketuban dan membantu dalam perkembangan bayi. Semangka juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6 yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

9. Apel

Apel memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin. Ada vitamin A, vitamin C, serat, dan kalium yang juga baik untuk menjaga kesehatan ibu selama masa kehamilan. Apel dipercaya mampu meminimalisir bayi terkena asma dan alergi lainnya. Anda bisa konsumsi apel secara langsung, diolah menjadi jus, atau produk olahan lainnya yang tak kalah lezat.

10. Kiwi

Buah lainnya yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu kiwi. Buah ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalium, fosfor, dan asam folat yang membantu menjaga saluran pernapasan. Dengan konsumsi kiwi maka ibu hamil terhindar dari risiko batuk dan flu.

Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Meskipun semua buah memiliki kandungan dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Namun ternyata ada juga buah yang tidak boleh alias dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil. Buah-buahan ini umumnya untuk memiliki zat atau senyawa yang berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi. Berikut ini beberapa buah yang dilarang untuk ibu hamil.

1. Pepaya

Kita pasti tidak menyangka jika buah yang baik untuk pencernaan ini ternyata dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil. Hal ini dikarenakan pepaya, terutama yang masih muda, bisa menyebabkan sakit perut dan memicul kelahiran sehingga janin berisiko mengalami keguguran. Pepaya muda mempunyai kandungan lateks dan papain. Lateks inilah yang bisa menyebabkan kontraksi rahim. Sedangkan papain bisa memicu hormon yang merangkan persalinan.

2. Nanas

Buah yang satu ini memang sudah dikenal kurang baik untuk ibu hamil. Nanas memiliki kandungan bromelain yang bisa menyebabkan gangguan keseimbangan protein di dalam tubuh serta berpotensi untuk meningkatkan peradangan. Hal inilah yang bisa menyebabkan risiko keguguran sampai kelahiran bayi dalam kondisi tidak normal. Hanya saja, konsumsi nanas dalam jumlah yang wajar masih diperkenankan. Namun bila anda takut, lebih baik cari buah lain yang lebih aman.

3. Durian

Buah yang dilarang untuk ibu hamil berikutnya yaitu durian. Makanan ini dipercaya bisa memicu keguguran, pendarahan pada saat melahirkan, hingga cacat pada bayi. Sama halnya seperti nanas, buah ini bisa saja dikonsumsi ibu hamil, namun harus dalam jumlah yang wajar bila perlu konsultasikan dulu dengan dokter kandungan. Jika anda memiliki penyakti diabetes atau hipertensi, sebaiknya tidak mengkonsumsi buah ini dan mengganti dengan buah lain yang lebih aman.

4. Buah Nangka

Buah dengan aroma harum dan rasa yang manis ini ternyata tidak disarankan dikonsumsi ibu hamil. Buah ini memiliki kadar gula yang cukup tinggi, sehingga baik ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit diabetes sangat tidak dianjurkan konsumsi buah ini. Jika memang ada ibu hamil yang ingin makan nangka, sebaiknya konsumsi dalam jumlah yang wajah saja untuk meminimalisir risiko berbahaya dari buah ini.

Sayuran untuk Ibu Hamil

Sayuran dan buah untuk ibu hamil memang menjadi salah satu cara untuk melengkapi nutrisi selama masa kehamilan. Di atas sudah dijelaskan beberapa jenis buah yang baik untuk dikonsumsi, maka pada bagian ini, akan kami berikan daftar sayuran yang baik untuk ibu hamil. Berikut ini daftarnya:

1. Bayam

Sayur hijau ini memang sudah dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Pada ibu hamil kandungan vitamin, serat, asam folat, dan kalsium yang ada di dalam bayam baik untuk membantu pertumbuhan jaringan dan sel pada bayi serta mencegah cacat lahir pada bayi.

2. Brokoli

Sayuran untuk ibu hamil selanjutnya yang kaya akan nutrisi yaitu brokoli. Di dalam brokoli terdapat banyak kandungan vitamin seperti vitamin C, vitamin K, vitamin K, serat, kalium zat besi, kalsium, dan asam folat baik untuk menjaga kesehatan ibu dan bayinya. Nutrisi tersebutlah yang bisa mencegah sembelit dan mencegah berat badan bayi terlalu rendah saat dilahirkan.

3. Tomat

Meski ada juga yang menyebutnya sebagai buah, namun tomat juga bisa diolah sebagai sayuran. Tomat memiliki kandungan asam folat yang baik untuk ibu hamil. Kandungan nutrisi di dalam tomat juga bisa membantu pertumbuhan jaringan dan sel pada janin. Anda bisa mengolah tomat untuk sup, tumis, atau berbagai olahan makanan sehat lainnya.

4. Selada

Sayuran untuk ibu hamil selanjutnya yang bisa dikonsumsi dalam berbagai olahan yaitu selada. Selada memiliki kandungan asam folat yang juga diperlukan untuk mencegah risiko cacat tabung saraf pada bayi. Biasanya selada dikonsumsi dalam keadaan mentah untuk lalap atau salad, namun khusus untuk ibu hamil, sayuran ini harus diolah sampai benar-benar matang karena makanan mentah tidak diperkenankan untuk dikonsumsi ibu hamil.

5. Kale

Kale merupakan sayuran hijau lainnya yang bisa menjadi makanan untuk meningkatkan nutrisi ibu hamil. Kale memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kale juga memiliki kandungan vitamin K yang beperan penting dalam pembekuan darah saat bayi lahir.

Demikian beberapa buah yang bagus untuk ibu hamil serta buah yang dilarang dikonsumsi ibu hamil. Selain itu, ada juga sayur yang bisa dikonsumsi ibu hamil dengan berbagai olahan. Namun pastikan untuk konsumsi sayur dalam keadaan matang sempurna.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait