10 Manfaat Jambu Biji dan Cara Memilih Buah yang Matang

Image title
19 Agustus 2021, 17:30
Manfaat jambu biji mudah didapatkan dengan memilih buah yang matang sempurna sebelum dikonsumsi.
Any Lane/Pexels
Ilustrasi cara mengonsumsi jambu biji yang dipotong.

Sehari-hari kita sering menemui jambu biji. Buahnya khas dengan daging berwarna putih atau merah muda, sedangkan pohonnya sering digunakan sebagai bahan obat-obatan, terutama daunnya.

Menurut Manoj Kumar dalam jurnal Foods edisi ke-10 tahun 2021, jambu biji berasal dari tanaman psidium guajava yang masuk dalam famili myrtaceae. Ini buah yang dapat ditemukan di daerah tropis seperti India, Indonesia, Pakistan, Bangladesh, dan Amerika Selatan.

Dari data Badan Pusat Statistik, produksi jambu biji mencapai 396.268 ton pada 2020 dengan Jawa Tengah sebagai produsen terbesar yaitu 105.639 ton. Selain penting dalam perekonomian, jambu biji juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

Jambu biji berkulit kuning dan daging berwarna putih, kuning, atau merah muda. Rasanya yang manis dan mudah untuk dikonsumsi menjadikan buah ini populer di kalangan masyarakat.

Tanaman ini digunakan dalam berbagai sistem pengobatan, terutama menangani gangguan pencernaan. Hal tersebut dijelaskan dalam tinjauan oleh Shakib Uzzaman dari Departemen Farmasi Universitas Varendra yang terbit di jurnal Open Access: Toxicology & Research.

Penjelasan lebih lanjut dari tinjauan tersebut menyebutkan bahwa jambu biji memiliki likopen yang berfungsi untuk mencegah tumor dan melindungi dari kanker prostat. Orang yang menderita sakit kronis juga dapat mengonsumsi buah jambu biji untuk mendapatkan manfaatnya.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, 100 gram buah jambu biji mentah mengandung:

  • 68 kalori
  • 14,32 g karbohidrat
  • 8,92 g gula
  • 0,95 g lemak
  • 5,4 g serat makanan
  • 417 mg kalium
  • 228,3 mg vitamin C
  • 624 unit internasional vitamin A

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai manfaat jambu biji, simak pembahasan di bawah ini.

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa peneliti dari Universitas Airlangga yang diterbitkan dalam jurnal "Folia Medica Indonesiana" menunjukkan penurunan kadar gula darah dipengaruhi komponen quercetin dalam jambu biji yang menghambat enzim amilase penyebab gangguan pemecahan dan penyerapan karbohidrat. Dengan menghambat enzim tersebut, kadar gula yang tinggi dalam darah dapat diturunkan.

2. Mencegah Risiko Terkena Penyakit Jantung

Jambu biji membantu meningkatkan keseimbangan natrium dan kalium sehingga tubuh dapat mengatur tekanan darah.Sebuah studi dalam The American Journal of Cardiology menunjukkan bahwa jambu biji dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL), sehingga dapat mencegah risiko terkena penyakit jantung.

3. Mencegah Kanker

Menurut penelitian dalam Journal of National Cancer Institute, jambu biji sangat kaya akan antioksidan yang membantu dalam mengurangi kejadian penyakit degeneratif seperti disfungsi otak, peradangan, penyakit jantung, kanker, arteriosklerosis dan radang sendi.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...