5 Tempat Wisata Majalengka yang Menawan

Image title
20 Agustus 2021, 09:30
Pesona Terasering Panyaweuyan yang mnejadi salah satu tempat wisata Majalengka
survive-giezag.org
Pesona Terasering Panyaweuyan yang mnejadi salah satu tempat wisata favorit di Kabupaten Majalengka

Kabupaten Majalengka berada di bagian timur Provinsi Jawa Barat dan memiliki dataran rendah hingga tinggi sehingga menghasilkan pesona alam yang indah. Ada beberapa destinasi wisata Majalengka yang menarik perhatian wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Adanya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, Majalengka menjadikan destinasi di sana semakin terkenal. Wisatawan lebih mudah mengunjungi tempat-tempat di Kabupaten Majalengka dan Provinsi Jawa Barat.

Kondisi Geografis Kabupaten Majalengka

Melansir dari situs web Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Ibukota Kabupaten Majalengka adalah Kecamatan Majalengka yang berjarak 91 kilometer dari ibukota provinsi. Luas daerah Kabupaten Majalengka yakni 1204,24 kilometer persegi atau sekitar 2,71% dari luas Propinsi Jawa Barat.

Secara geografis, Kabupaten Majalengka terletak di bagian timur Provinsi Jawa Barat pada posisi 108° 03’ - 108° 19 BT di sebelah barat, 108° 12’ - 108° 25’ BT di sebelah timur, 6° 36’ - 6° 58’ LS di sebelah utara, dan 6° 43’ - 7° 03’ LS di sebelah selatan. Kabupaten Majalengka berbatasan dengan wilayah sebagai berikut:

  • Sebelah Utara, berbatasan dengan Kabupaten Indramayu.
  • Sebelah Timur, berbatasan dengan Kabupaten Cirebon dan Kuningan.
  • Sebelah Selatan, berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya.
  • Sebelah Barat, berbatasan dengan Kabupaten Sumedang

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk di Kabupaten Majalengka tercatat 1.210.709 pada 2020 dan terdiri dari 605.597 perempuan dan 605.112 laki-laki dengan kepadatan penduduk sebesar 971 orang per kilometer persegi.

Kabupaten Majalengka yang terbentang dari dataran pesisir utara Jawa, hingga pegunungan Parahyangan di sebelah selatan, menjadikan wilayah ini kaya akan wisata alam yang mempesona.

Berikut ini adalah destinasi wisata Majalengka yang dapat Anda kunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Majalengka

1. Curug Cipeuteuy

Curug Cipeuteuy
Curug Cipeuteuy (ksdae.menlhk.go.id)
 

Curug Cipeuteuy merupakan air terjun di Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Tempat ini menyajikan keindahan alam yang membuat pengunjung betah dan ingin terus bermain air karena udaranya sangat sejuk dan airnya jernih.

Pengunjung dapat mengakses jalan menuju lokasi dengan mudah karena sebagian besar sudah diaspal. Tetapi, jalannya cukup sempit dan pada tanjakan hanya cukup dilewati satu mobil. Saat sampai di lokasi, pengunjung dapat menaruh kendaraan langsung di tempat parkir. Lokasi parkir menuju Curug Cipeuteuy tidak terlalu jauh, sekitar setengah kilometer.

Sepanjang jalan menuju air terjun, Anda akan terpesona oleh alam yang indah dan hamparan pepohonan hijau. Suara kicau burung dan gemericik air membentuk irama yang menenangkan dan melepas lelah.

Harga tiket masuk ke air terjun Cipeuteuy terjangkau dan bervariasi tergantung usia. Berikut daftar harganya:

  • Anak-anak (usia 1-4 tahun) Rp 5.000
  • Dewasa: Rp 15.000

Sementara tarif parkir adalah sebagai berikut:

  • Mobil: Rp 15.000 
  • Sepeda motor: Rp 8.000 

2. Situ Cipanten

Situ Cipanten
Situ Cipanten (badan-penghubung.jabarprov.go.id)

Situ Cipanten terletak di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka. Menurut sejarahnya, situs ini sudah ada sejak 1970. Berkat kerja sama dan inovasi serta pengelolaan yang profesional antara Pemerintah Desa Gunung Kuning dan pemuda setempat, kini Situ Cipanten merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Wisata ini berupa danau dan hutan. Air danau jernih serta dikelilingi pepohonan. Warna air danau sering berubah sehingga menjadi fenomena yang menarik. Warna danau bisa menjadi hijau toska saat musim kemarau, namun suatu saat berubah menjadi biru saat musim hujan tiba. Di sini banyak spot foto yang cocok untuk dibagikan di media sosial.

Kawasan wisata alam seluas satu hektare ini menawarkan berbagai pilihan kekinian dan sangat menarik bagi pengunjung milenial, terutama spot foto titanic boat dan jembatan cinta. Fasilitas unik lainnya bisa dinikmati wisatawan dengan perahu air dan wahana bebek-bebekan.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...