Lawang Sewu, Destinasi Wisata Semarang yang Sayang Dilewatkan

Siti Nur Aeni
23 Agustus 2021, 13:10
Lawang Sewu, salah satu objek wisata sejarah di Kota Semarang, Jawa Tengah. Lawang Sewu dahulu merupakan kantor jawatan kereta api Belanda atau Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij.
KATADATA/NUNUNG AHNIAR
Lawang Sewu, salah satu objek wisata sejarah di Kota Semarang, Jawa Tengah. Lawang Sewu dahulu merupakan kantor jawatan kereta api Belanda atau Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij.

Lawang Sewu sudah menjadi simbol dari Kota Semarang. Setiap orang yang datang ke Ibu Kota Jawa Tengah ini biasanya menyempatkan mampir ke wisata sejarah tersebut. Arsitektur bangunan yang unik ditambah dengan cerita masyarakat perihal misteri tempat ini, membuat banyak orang semakin penasaran.

Di balik uniknya bangunan khas Belanda ini, ternyata ada sejarah yang menarik untuk digali. Berikut ini kami rangkumkan sejarah dan hal-hal lain tentang tempat wisata Semarang ini.

Sejarah Lawang Sewu

Melansir dari visitjawatengah.jatengprov.go.id, bangunan utama didirikan pada 1904 dan selesai pada pertengahan 1907. Beberapa tahun setelahnya, tepatnya pada 1916 sampai 1918, bangunan lain menyusul didirikan. Bangunan ini dirancang oleh arsitek asal Amsterdam bernama Prof. Jakob F. Klinkhamer dan BJ. Ouendag.

Dinamakan Lawang Sewu karena pintu pada bangunan ini sangat banyak sehingga masyarakat setempat menyebutnya sebagai Lawang Sewu atau Pintu Seribu. Pembangunan dengan pintu yang banyak bertujuan agar sirkulasi udara terjaga dengan baik. Bangunan ini juga memiliki ornamen kaca yang patri berasal dari Johannes Lourens Schouten. Satu filosofi keindahan Jawa dan kejayaan kereta api.

Dari laman helitage.kai.id, dijelasakan bahwa pada Lawang Sewu Semarang juga terdapat sudut unik lainnya berupa ornamen tembikar yang melengkung di atas balkon. Kubah kecil pada puncak menara air ini terlapisi tembaga serta puncak menara dengan hiasan perunggu.  

Saat ini bangunan Lawang Sewu menyimpan koleksi kereta api di Indonesia dari waktu ke waktu. Koleksinya seperti Alkmaar, mesin Edmonson, mesin hitung, mesin tik, replikasi lokomotif uap, surat berharga, dan beberapa koleksi lainnya. Tempat ini juga sering digunakan untuk kegiatan masyarakat seperti pameran, festival, pentas seni, shooting, pesta pernikahan, dan pemotretan.

Lokasi dan Rute Menuju Lawang Sewu

Apabila tertarik berkunjung ke tempat ini, lokasinya ada di Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang. Letaknya dekat dengan Tugu Muda dan sangat strategis serta mudah ditemukan. Untuk sampai ke lokasi ini, Anda bisa menggunakan moda transportasi pribadi atau umum.

Bagi yang berangkat dari Jogja atau Solo, Anda bisa melewati jalur Bawen kemudian ke Ungaran. Setelah itu melaju ke arah Banyumanik, lalu ke arah Jatingaleh dan lanjutkan perjalanan sampai ke Krapyak. Dari tempat tersebut melaju ke Jalan Siliwangi.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...