Pesona Cagar Alam Pulau Sempu di Malang, Jawa Timur

Pulau sempu ternyata sudah menjadi cagar alam sejak zaman kolonial Belanda yang diresmikan pada 15 Maret 1928. Pulau ini memiliki beragam pesona yang sayang untuk dilewatkan.
Image title
25 Agustus 2021, 18:10
Pesona Pulau Sempu di Malang, Jawa Timur
instagram.com/pulausempu
Pesona Pulau Sempu di Malang, Jawa Timur

Pulau Sempu merupakan cagar alam yang menyimpan keindahan alam tak biasa. Tempat ini memiliki laguna indah yang berada di tengah pulau. Ingin tahu ada apa saja di cagar alam ini? Yuk simak penjelasan berikut.

Cagar Alam Pulau Sempu

Pulau sempu Malang sudah menjadi cagar alam sejak zaman kolonial Belanda yang diresmikan pada 15 Maret 1928. Melansir dari laman bbksdjatim.org, cagar alam ini diresmikan berdasarkan esluit van den Gouverneur Generaal van Nederlandsch Indie No: 69 dan No.46.

Cagar alam ini ada di Dusun Sendang Biru, Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Tempat ini memiliki keunikan tersendiri karena ada beberapa tipe ekosistem, seperti hutan magrove, hutan pantai, dan hutan hujan tropis dataran rendah.

Keindahan Segara Anakan Pulau Sempu

Segara Anakan Pulau Sempu merupakan surga yang tersembunyi dan sangat indah. Lokasi laguna ini ada di tengah pulau.

Untuk sampai ke titik lokasi harus melalui rute yang panjang. Mulai dari Pantai Waru-waru – Telaga Lele – Telaga Sat – Pantai Kura-kura – Pantau Pasir Panjang – Pantai Kembar 1 – Pantai Kembar 2 – Segara Anakan.

Segara Anakan Pulau Sempu memiliki air yang jernih dengan warna biru yang membuat mata terasa segar. Dikelilingi pepohonan hijau yang rindang membuat udaranya sangat segar.

Segara Anakan juga diketahui sebagai danau yang langsung mengahadap ke Samudra Hindia namun dipisahkan oleh tebing tinggi. Ombak laut sesekali masuk melalui celah tebing.

Air di Segara Anakan memiliki penampakan seperti air laut, namun sebenarnya air tersebut merupakan perpaduan antara air asin dan tawar. Selain pemandangan yang indah, Segara Anakan juga memiliki ekosistem yang terdiri dari ikan kecil dan terumbu karang khas laut.

Keanekaragaman Hayati Pulau Sempu

Selain memiliki laguna indah, Pulau Sempu Malang juga menyimpan keankeragaman hayati. Ada beberapa fauna dan flora yang dilindungi. Bahkan banyak yang masuk dalam kelompok tumbuhan dan hewan langka.

Mengutip dari buku “Keanekaragaman Tumbuhan Pulau Sempu dan Ekosistemnya” yang diterbitkan oleh LIPI Press, berikut ini beberapa tumbuhan langka dan dilindungi yang ada di Pulau Sempu.

1. Myristica teysmannii Miq.

Myristica teysmannii adalah tumbuhan tropis dari suku Myristicaceae atau kelompok “darah-darah”. Di pulau ini, M. teysmannii memiliki nama lokal “kendarahan”.

Tanaman ini mengalami kelangkaan karena terdapat fragmentasi habitat dan kualitas habitat yang menurun. Selain di cagar alam ini, M. teysmannii juga ada di kawasan Gunung Wilis, Gunung Anjasmoro, dan Gunung Kawi.

2. Sindora javanica (Koord. & Valeton) Backer

Sindora javanica merupakan tumbuhan tropis dari suku Leguminosae. S. javanica merupakan tumbuhan endemik Jawa yang menyebar dari Priangan hingga Banyumas. Tanaman ini bisa tumbuh di habitat hutan daerah rendah kering dengan kondisi tanah berpasir atau berbatu.

3. Casearia flavovirens Blume

Casearia flavovirens merupakan tanaman endemik Jawa bagian timur dan Pulau Bali. Tanaman ini masuk dalam suku Salicaceae. Habitatnya ada di kawasan hutan daerah rendah campuran, primer, atau hutan terganggu yang ketinggian sampai 800 meter di atas permukaan laut

4. Ceriops decandra (Griff.) W. Theob.

Ceriops decandra merupakan tanaman atau semak kecil yang ketinggiannya bisa mencapai 15 m. Tanaman ini biasanya ditemukan di hutan bakau yang memiliki tanah pasir berlumpur. Di Cagar Alam Pulau Sempu Ceriops decandra ditemukan di daerah pesisir.

Selain di cagar alam ini, Ceriops decandra juga tersebar di wilayah lain seperti India, Indocina, Malaysia, Bangka, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Irian Jaya, Papua New Guinea, Filipina, dan Australia.

5. Excoecaria agallocha L.

Excoecaria agallocha memiliki nama lokal kayu buta-buta biasanya tumbuh di ekosistem pasang surut. Jenis tumbuhan langka ini bisa tumbuh hingga 15 meter. Secara morfologi daunnya tersusun spiral dan buahnya memiliki bentuk seperti kapsul.

Di Pulau Sempu, Excoecaria agallocha ada di daerah pasang surut. Tanaman ini juga bisa ditemukan di kawasan tropis dari India bagian selatan, Sri Lanka, Burma, Indo-Cina, Cina, Taiwan, Pulau Ryukyu  (Jepang), Thailand, kawasan Malesia, Australia Utara sampai Pasifik.

Beberapa tanaman lain yang tumbuh di kawasan antara lain triwulan, wadang, nyampung, ketapang, waru laut, tanaman api-api, tanaman tancang dan beberapa flora lain.

Selain itu, fauna di cagar alam ini sangat beragam. Dari laman bbksdjatim.org, tercatat fauna Pulau Sempu seperti lutung jawa, kera hitam, kera abu-abu, raja udang, kancil, babi hutan, kijang, ikan belodok, kepiting, kelomang, kupu-kupu, dan semut.

Demikian ulasan singkat tentang cagar alam Pulau Sempu Malang yang menyimpan beragam keindahan dan kekayaan alam. Ekosistem di pulau ini harus dijaga dengan baik agar flora dan fauna yang tumbuh di sana tetap terjaga.

Tanggung jawab menjaga kelestarian kawasan ini bukan hanya tugas pemerintah semata. Sebagai masyarakat umum, kita juga bisa turut berpartispasi untuk menjaga kelestarian cagar alam ini.

 

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait