Pesona Cagar Alam Pulau Sempu di Malang, Jawa Timur

Siti Nur Aeni
25 Agustus 2021, 18:10
Pesona Pulau Sempu di Malang, Jawa Timur
instagram.com/pulausempu
Pesona Pulau Sempu di Malang, Jawa Timur

Pulau Sempu merupakan cagar alam yang menyimpan keindahan alam tak biasa. Tempat ini memiliki laguna indah yang berada di tengah pulau. Ingin tahu ada apa saja di cagar alam ini? Yuk simak penjelasan berikut.

Cagar Alam Pulau Sempu

Pulau sempu Malang sudah menjadi cagar alam sejak zaman kolonial Belanda yang diresmikan pada 15 Maret 1928. Melansir dari laman bbksdjatim.org, cagar alam ini diresmikan berdasarkan esluit van den Gouverneur Generaal van Nederlandsch Indie No: 69 dan No.46.

Cagar alam ini ada di Dusun Sendang Biru, Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Tempat ini memiliki keunikan tersendiri karena ada beberapa tipe ekosistem, seperti hutan magrove, hutan pantai, dan hutan hujan tropis dataran rendah.

Keindahan Segara Anakan Pulau Sempu

Segara Anakan Pulau Sempu merupakan surga yang tersembunyi dan sangat indah. Lokasi laguna ini ada di tengah pulau.

Untuk sampai ke titik lokasi harus melalui rute yang panjang. Mulai dari Pantai Waru-waru – Telaga Lele – Telaga Sat – Pantai Kura-kura – Pantau Pasir Panjang – Pantai Kembar 1 – Pantai Kembar 2 – Segara Anakan.

Segara Anakan Pulau Sempu memiliki air yang jernih dengan warna biru yang membuat mata terasa segar. Dikelilingi pepohonan hijau yang rindang membuat udaranya sangat segar.

Segara Anakan juga diketahui sebagai danau yang langsung mengahadap ke Samudra Hindia namun dipisahkan oleh tebing tinggi. Ombak laut sesekali masuk melalui celah tebing.

Air di Segara Anakan memiliki penampakan seperti air laut, namun sebenarnya air tersebut merupakan perpaduan antara air asin dan tawar. Selain pemandangan yang indah, Segara Anakan juga memiliki ekosistem yang terdiri dari ikan kecil dan terumbu karang khas laut.

Keanekaragaman Hayati Pulau Sempu

Selain memiliki laguna indah, Pulau Sempu Malang juga menyimpan keankeragaman hayati. Ada beberapa fauna dan flora yang dilindungi. Bahkan banyak yang masuk dalam kelompok tumbuhan dan hewan langka.

Mengutip dari buku “Keanekaragaman Tumbuhan Pulau Sempu dan Ekosistemnya” yang diterbitkan oleh LIPI Press, berikut ini beberapa tumbuhan langka dan dilindungi yang ada di Pulau Sempu.

1. Myristica teysmannii Miq.

Myristica teysmannii adalah tumbuhan tropis dari suku Myristicaceae atau kelompok “darah-darah”. Di pulau ini, M. teysmannii memiliki nama lokal “kendarahan”.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...