6 Tempat Wisata Probolinggo yang Memukau

Probolinggo terletak di pesisir utara Jawa Timur. Pengunjung dapat menikmati berbagai wisata Probolinggo yang indah dan menarik.
Image title
26 Agustus 2021, 10:30
Gili Ketapang terletak di di Laut Utara Probolinggo dan merupakan salah satu tempat wisata Probolinggo
diskominfo.probolinggokab.go.id
Gili Ketapang terletak di di Laut Utara Probolinggo dan merupakan salah satu tempat wisata Probolinggo

Probolinggo adalah sebuah kabupaten di pantai utara provinsi Jawa Timur. Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Proolinggo memiliki luas wilayah sekitar 169.616,65 hektare.

Kota Probolinggo menjadi daerah transit serta penghubung sejumlah kota seperti Jember, Banyuwangi, dan Malang. Wilayah Kota Probolinggo terletak pada ketinggian 0 sampai 50 meter dari atas permukaan air laut.

Secara topografi, Probolinggo memiliki keragaman dalam bentuk dataran rendah, perbukitan dan pegunungan yang sebagian besar berada pada ketinggian antara 100 - 1.500 meter di atas permukaan laut.

Dari situs resmi Pemerintah Kota Probolinggo, keadaan fisik wilayah Kabupaten Probolinggo terbagi atas tiga bagian yaitu:

  • Pegunungan, berada pada ketinggian 1.000 – 1.500 meter diatas permukaan laut, meliputi wilayah-wilayah di sekitar Pegunungan Tengger (di sebelah Barat Daya) dan Gunung Argopuro (di sebelah Tenggara).
  • Perbukitan, berada pada ketinggian 500 – 1000 meter diatas permukaan laut, meliputi wilayah-wilayah bagian tengah dan di sekitar kaki pegunungan, merupakan bentukan lereng dari pegunungan yang membujur dari arah Barat ke Timur.
  • Dataran rendah, berada pada ketinggian 0 – 500 meter diatas permukaan laut, meliputi wilayah pesisir dan dataran rendah membentang dari Barat sepanjang garis pantai Utara ke arah Timur (panjang pantainya mencapai  55,3 Km), kemudian membujur ke arah Selatan.

Adanya kondisi geografis tersebut membuat Probolinggo berpotensi sebagai tempat wisata. Beberapa sumber daya wisata alam meliputi hutan, air terjun, sungai, pegunungan, flora dan sebagainya. Probolinggo juga memiliki wisata budaya meliputi candi, bangunan bersejarah, adat-istiadat dan tradisi, dan sebagainya.

Wisata Probolinggo terus berkembang untuk menarik kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. Simak rekomendasi tempat wisata di Probolinggo yang dapat Anda kunjungi.

1. Gunung Argopuro

Gunung Argopuro sangat cocok bagi pendaki yang menyukai tantangan. Daerah tersebut cukup sulit karena terdapat sisi yang sangat tinggi serta lembah yang landai. Pemandangan menuju Gunung Argopuro sangat indah dan dapat dijadikan objek foto.

Argopuro adalah bukit tertinggi yang terletak di dekat dataran tinggi Yang. Pendaki yang melakukan perjalanan akan disambut oleh angin dingin Argopuro yang berhembus ringan. Daerah gunung ini terdapat sarang laba-laba dan padang rumput yang terlihat seperti kasur, sehingga tempat ini disebut “Si Kasur”.

Pengunjung juga dapat membeli sayuran segar yang disediakan untuk pengunjung yang berkemah di tempat ini. Masyarakat setempat percaya bahwa puncak Argopuro merupakan Istana Dewi Rengganis.

Daya tarik lain dari gunung Argopuro adalah wisata Batu Lempeng, Pondok Celot (gubuk Celot), dan Taman Sarang Laba-laba yang dikenal sebagai Si Mesem.

2. Air terjun Madakaripura

Air terjun Madakaripura terletak di Desa Sapih, Kabupaten Lombang, dan tidak jauh dari kawasan Bromo. Madakaripura adalah tempat wisata sakral dan terdiri dari deretan air terjun yang mencapai ketinggian 200 meter dari bawah.

Dalam penelitian oleh Jos Oktarina Pratiwi dalam Kriteria Pengembangan Kawasan Wisata Alam Air Terjun Madakaripura, Kabupaten Probolinggo, air terjun ini memiliki sejarah terkait dengan Monumen Raden Patih Gajah Mada.

Monumen tersebut didirikan untuk menghormati perjuangan Gajah Mada yang menyatukan seluruh wilayah bangsa di bawah kendali Majapahit. Masyarakat percaya bahwa air terjun Madakaripura adalah tempat tinggal terakhir Gajah Mada.

Air terjun spektakuler ini tersembunyi di ujung lembah pegunungan Tengger. Airnya mengalir dari hutan lebat di atas. Fasilitas yang tersedia di sekitar air terjun ini meliputi tempat parkir, warung makan, tempat istirahat, dan pos satpam.

3. Gili Ketapang

Gili Ketapang adalah sebuah pulau yang berada di Laut Utara Probolinggo. Pulau ini memiliki pemandangan yang indah dan berpasir putih. Lautnya jernih kebiruan dan tidak tercemar. Ada banyak jenis karang berwarna-warni. Pulau Gili Ketapang cocok untuk aktivitas snorkling.

Jarak Gili Ketapang dari pelabuhan Ujung Tembaga sekitar 8 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dengan perahu. Jumlah penduduknya 7.600 orang, sebagian besar adalah orang Madura dan hampir 90% adalah nelayan.

Selain pemandangan laut dan pantai, di daerah Dusun Mardian terdapat Goa Kucing yang terkenal dengan sejarahnya dan dikeramatkan. Menurut skripsi oleh Fista Eka Mayasari, tempat ini merupakan petilasan Syech Ishaq, yaitu seorang penyebar agama Islam dalam perjalanannya dari Gresik menuju Blambangan, Banyuwangi.

Goa kucing mempunyai jarak antara atap dan lantainya pendek sehingga mengharuskan pengunjung untuk menunduk jika ingin menelusuri gua tersebut. Penduduk setempat mengatakan bahwa pada hari Jumat “Legi”, suara kucing-kucing terdengar dari gua dan akan hilang ketika kita berusaha menemukannya.

Keunikan lainnya dari pulau ini adalah masyarakat percaya bahwa pulau ini memiliki kekuatan misterius yang dapat berpindah ke tengah laut. Menurut mereka, ketika Gunung Semeru meletus, terjadi gempa bumi dan daratan Desa Ketapang telah terpisah ke tengah laut sekitar 5 mil dari Probolinggo.

Oleh sebab itu, orang menyebut pulau ini “Gili Ketapang”. Gili berasal dari bahasa Madura yang artinya “Arus” dan “Ketapang” adalah nama desa.

4. Candi Jabung

Salah satu wisata budaya di Probolinggo adalah Candi Jabung. Candi ini terletak di Desa Jabung, Kecamatan Paiton. Candi Jabung dibuat dari batu merah. Ada juga beberapa panel relief yang belum diketahui pasti ceritanya.

Relief atau ukiran tersebut mewakili kegiatan sehari-hari pada zaman dahulu seperti seorang pertapa mengenakan sorban berdiri di hadapan muridnya. Ada pula ukiran yang menampilkan dua pria yang berada di dekat sumur, sebuah panel berbentuk bulan seperti medali, dan beberapa singa duduk di seberangnya.

5. Danau Ranu Agung

Kekayaan alam Probolinggo lainnya adalah Danau Ranu Agung. Danau ini terletak di Kecamatan Tiris, sekitar 55 Km dari Kota Probolinggo dan merupakan danau alam yang indah dan memiliki air tawar. Lingkungan sekitar danau sangat asri dan memiliki udara yang segar.

Disisi lain, danau Ranu Agung memiliki tebing curam yang indah. Refleksi sinar matahari membuat air dalam danau kaya akan warna dan membuat kawasan ini semakin indah.

6. Pantai Bentar Indah

Pantai Bentar Indah terletak di Kecamatan Gending, sekitar 7 km dari timur ke Probolinggo. Pengunjung dapat mengunjungi pantai melalui jalan Surabaya - Banyuwangi. Pantai Bentar Indah terletak di jalur menuju Bali - Surabaya - Yogyakarta - Jakarta, sehingga merupakan objek wisata yang mudah dicapai.

Ada sebuah bukit di samping pantai Bentar Indah yang dapat didaki untuk menikmati indahnya pemandangan laut. Hamparan pasir putih mempercantik pantai. Wisatawan juga bisa memancing di bagian timur hutan bakau. Selain itu, pengunjung dapat melakukan kegiatan liburan lainnya, seperti berenang, berperahu, berjemur, voli pantai, dan sebagainya.

Demikian rekomendasi tempat wisata di Probolinggo yang dapat Anda kunjungi. Jika berkunjung ke tempat wisata, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait