6 Tempat Wisata Probolinggo yang Memukau

Image title
26 Agustus 2021, 10:30
Gili Ketapang terletak di di Laut Utara Probolinggo dan merupakan salah satu tempat wisata Probolinggo
diskominfo.probolinggokab.go.id
Gili Ketapang terletak di di Laut Utara Probolinggo dan merupakan salah satu tempat wisata Probolinggo

Probolinggo adalah sebuah kabupaten di pantai utara provinsi Jawa Timur. Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Proolinggo memiliki luas wilayah sekitar 169.616,65 hektare.

Kota Probolinggo menjadi daerah transit serta penghubung sejumlah kota seperti Jember, Banyuwangi, dan Malang. Wilayah Kota Probolinggo terletak pada ketinggian 0 sampai 50 meter dari atas permukaan air laut.

Secara topografi, Probolinggo memiliki keragaman dalam bentuk dataran rendah, perbukitan dan pegunungan yang sebagian besar berada pada ketinggian antara 100 - 1.500 meter di atas permukaan laut.

Dari situs resmi Pemerintah Kota Probolinggo, keadaan fisik wilayah Kabupaten Probolinggo terbagi atas tiga bagian yaitu:

  • Pegunungan, berada pada ketinggian 1.000 – 1.500 meter diatas permukaan laut, meliputi wilayah-wilayah di sekitar Pegunungan Tengger (di sebelah Barat Daya) dan Gunung Argopuro (di sebelah Tenggara).
  • Perbukitan, berada pada ketinggian 500 – 1000 meter diatas permukaan laut, meliputi wilayah-wilayah bagian tengah dan di sekitar kaki pegunungan, merupakan bentukan lereng dari pegunungan yang membujur dari arah Barat ke Timur.
  • Dataran rendah, berada pada ketinggian 0 – 500 meter diatas permukaan laut, meliputi wilayah pesisir dan dataran rendah membentang dari Barat sepanjang garis pantai Utara ke arah Timur (panjang pantainya mencapai  55,3 Km), kemudian membujur ke arah Selatan.

Adanya kondisi geografis tersebut membuat Probolinggo berpotensi sebagai tempat wisata. Beberapa sumber daya wisata alam meliputi hutan, air terjun, sungai, pegunungan, flora dan sebagainya. Probolinggo juga memiliki wisata budaya meliputi candi, bangunan bersejarah, adat-istiadat dan tradisi, dan sebagainya.

Wisata Probolinggo terus berkembang untuk menarik kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. Simak rekomendasi tempat wisata di Probolinggo yang dapat Anda kunjungi.

1. Gunung Argopuro

Gunung Argopuro sangat cocok bagi pendaki yang menyukai tantangan. Daerah tersebut cukup sulit karena terdapat sisi yang sangat tinggi serta lembah yang landai. Pemandangan menuju Gunung Argopuro sangat indah dan dapat dijadikan objek foto.

Argopuro adalah bukit tertinggi yang terletak di dekat dataran tinggi Yang. Pendaki yang melakukan perjalanan akan disambut oleh angin dingin Argopuro yang berhembus ringan. Daerah gunung ini terdapat sarang laba-laba dan padang rumput yang terlihat seperti kasur, sehingga tempat ini disebut “Si Kasur”.

Pengunjung juga dapat membeli sayuran segar yang disediakan untuk pengunjung yang berkemah di tempat ini. Masyarakat setempat percaya bahwa puncak Argopuro merupakan Istana Dewi Rengganis.

Daya tarik lain dari gunung Argopuro adalah wisata Batu Lempeng, Pondok Celot (gubuk Celot), dan Taman Sarang Laba-laba yang dikenal sebagai Si Mesem.

2. Air terjun Madakaripura

Air terjun Madakaripura terletak di Desa Sapih, Kabupaten Lombang, dan tidak jauh dari kawasan Bromo. Madakaripura adalah tempat wisata sakral dan terdiri dari deretan air terjun yang mencapai ketinggian 200 meter dari bawah.

Dalam penelitian oleh Jos Oktarina Pratiwi dalam Kriteria Pengembangan Kawasan Wisata Alam Air Terjun Madakaripura, Kabupaten Probolinggo, air terjun ini memiliki sejarah terkait dengan Monumen Raden Patih Gajah Mada.

Monumen tersebut didirikan untuk menghormati perjuangan Gajah Mada yang menyatukan seluruh wilayah bangsa di bawah kendali Majapahit. Masyarakat percaya bahwa air terjun Madakaripura adalah tempat tinggal terakhir Gajah Mada.

Air terjun spektakuler ini tersembunyi di ujung lembah pegunungan Tengger. Airnya mengalir dari hutan lebat di atas. Fasilitas yang tersedia di sekitar air terjun ini meliputi tempat parkir, warung makan, tempat istirahat, dan pos satpam.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement