Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Lengkap dan Benar

Image title
28 Agustus 2021, 11:00
Ilustrasi seseorang sedang membaca contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris.
Tima Miroshnichenko/Pexels
Ilustrasi seseorang sedang membaca contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris.

Saat melamar pekerjaan, pelamar mengirimkan resume atau curriculum vitae (CV) yang baik dan terperinci sesuai dengan pengalaman. Tetapi, dalam era digital ini, Anda dapat melamar pekerjaan hanya dengan mengklik tombol sehingga mudah untuk mengabaikan surat lamaran kerja.

Padahal, surat lamaran kerja sangat penting untuk memperkenalkan Anda sebagai kandidat yang harus dipertimbangkan perusahaan. Surat lamaran yang kuat dapat membawa perbedaan signifikan dan memberikan kesempatan untuk menonjolkan keahlian Anda.

Advertisement

Surat lamaran kerja biasanya ditulis dalam bahasa Indonesia. Namun, menulis surat lamaran kerja berbahasa Inggris memiliki nilai tambah tersendiri. Surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris menunjukkan kemampuan bahasa Anda serta memberikan kesan bahwa Anda memiliki kemampuan dalam bahasa internasional.

Surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris memiliki manfaat dan merupakan hal pertama yang dibaca oleh pemberi kerja. Surat tersebut harus menunjukkan posisi apa yang Anda lamar serta memberikan informasi yang menunjukkan mengapa Anda harus dipertimbangkan untuk posisi tersebut.

Jangan ulangi semua informasi yang sudah ada dalam resume atau CV. Sebagai gantinya, jelaskan poin dalam resume dan berikan detail pribadi yang persuasif dan relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Untuk meyakinkan pemberi kerja, Anda harus memasukkan semua informasi yang diperlukan dengan jelas dan efisien. Anda perlu mengetahui aspek penting dari surat lamaran kerja bahasa Inggris dan merangkai kalimat dengan baik dan lengkap.

Aspek Penting dalam Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Inilah semua yang perlu Anda sertakan di setiap bagian surat lamaran Anda:

  1. Informasi tentang Anda.
  2. Tanggal.
  3. Nama Perusahaan dan Alamat Perusahaan.
  4. Sapaan.
  5. Paragraf pembuka.
  6. Paragraf tengah.
  7. Informasi Kontak dan Penutupan

Penjelasan lebih lanjut mengenai aspek penting dalam surat lamaran pekerjaan dapat Anda simak berikut ini.

1. Informasi tentang Anda

Mulailah surat lamaran kerja dengan informasi tentang Anda yang berisi:

  • Nama.
  • Alamat.
  • Nomor telepon.
  • Alamat email.

2. Tanggal

Sertakan tanggal pada pojok kanan atas. Penulisan tanggal dalam bahasa Inggris bisa menggunakan American Style. Gaya tersebut menggunakan format Month-Date-Year (MM-DD-YYYY). Contoh: August 17, 2021.

3. Nama Perusahaan dan Alamat Perusahaan

Menyertakan nama dan alamat perusahaan dengan baik dan lengkap dapat menjadi nilai tambah karena menunjukan bahwa Anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai perusahaan yang Anda lamar.

4. Sapaan

Pilih cara yang tepat untuk menghubungi contact person. Sebagai contoh:

  • Dear Mr. digunakan jika nama pria adalah kontaknya.
  • Dear Ms. digunakan jika nama wanita adalah kontaknya.
  • Dear Human Resources of [Nama perusahaan] jika tidak ada nama kontak.

5. Paragraf Pembuka

Dalam paragraf pembuka, perkenalkan diri Anda dan tujuan Anda menulis surat lamaran kerja. Sertakan juga sumber lowongan pekerjaan.

6. Paragraf tengah

Paragraf ini memberikan ringkasan latar belakang Anda, keterampilan, serta keahlian yang membuat Anda memenuhi kualifikasi untuk posisi tersebut. Paragraf ini dapat digunakan untuk menunjukkan kemampuan persuasif Anda (soft skill).

Anda juga dapat menceritakan pengalaman organisasi, volunteer, dan prestasi akademik jika Anda merupakan lulusan baru. Jika Anda seorang profesional, sertakan tanggung jawab pada perusahaan sebelumnya.

7. Informasi Kontak dan Penutupan

Di akhir surat, bicarakan tentang ketersediaan dan berikan kontak untuk menghubungi Anda. Ucapkan terima kasih kepada orang yang Anda kirimi surat atas waktu dan pertimbangannya atas aplikasi Anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris

Setelah memahami aspek penting dalam surat lamaran kerja, Anda dapat menggunakan contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris berikut.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan Baru

Dear Human Resources of [Nama perusahaan],

My name is [Nama lengkap]. As a recently graduated [Jurusan] major of the [Nama perguruan tinggi], I am thrilled at the opportunity to work as [Jabatan] in [Nama perusahaan]. I have a strong passion for [Jabatan], and with my variety of experiences and education, I am confident that working in the [Sektor pekerjaan] field will give me not only the chance to share my knowledge with others but also the opportunity to learn from the practical experience and its surroundings.

During my college years, I was active in [Nama organisasi]. I have gained a wide range of experiences such as [Tanggung jawab selama organisasi]. These experiences have shaped me into a hard worker who can get along with others.

I was also active in volunteer work such as [Pekerjaan volunteer dan tanggung jawab]. I believe my experiences make me an excellent candidate for your company. I am proficient in [Keahlian] and thrive to achieve the best.

The enclosed resume includes more information about my education and work experiences. Please do not hesitate to contact me at [Nomor telepon] and [Email] if you have any further questions.

I am thrilled at the possibility and would love the opportunity to meet with you and discuss the value I can bring to your company. Thank you for your time and I look forward to speaking with you soon.

Best regards,

[Nama lengkap]

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Magang

Elemen penting yang harus disertakan:

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement