10 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan beserta Gambarnya

Siti Nur Aeni
1 September 2021, 08:00
10 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan beserta Gambarnya
pixabay.com
Ilustrasi sel pada makhluk hidup

Makhluk hidup tersusun atas sel di dalam tubuhnya. Setiap makhluk hidup memiliki jenis sel yang berbeda, hal ini juga berlaku untuk sel hewan dan sel tumbuhan. Melansir dari erepo.unud.ac.id., Sel merupakan unit struktural terkecil dari mahkluk hidup. Sel dikelilingi oleh membran sel yang di dalamnya ada cairan atau matriks.

Secara struktural, sel merupakan bagian terkecil dari makhluk hidup yang bisa melaksanak fungsinya yakni untuk menyusun makhluk hidup. Sedangkan berdasarkan fungsinya sel berguna untuk menyusun kehidupan dan membentuk organisme.

Sel bisa berkembang dengan cara mitosis atau membelah diri. Yang menjadikannya semakin spesial karena didalam sel terdapat materi genetik yang berperan penting dalam penentuan sifat makhluk hidup serta mewariskan sifat tersebut kepada keturunannya. Secara umum sel penyusun makhluk hidup terbagi menjadi dua jenis yaitu sel prokariotik dan sel eukarioitik.

  • Sel Prokariotik; sel penyusun makhluk hidup yang didalamnya tidak ada membran yang berfungsi untuk memisahkan DNA dan letak DNA ada di sitoplasma atau yang dikenal dengan nama nukleoid. Sel ini biasa ditemukan pada makhluk hidup bersel satu.
  • Sel Eukariotik; sel ini memiliki nukleus dan memiliki susunan yang lengkap. Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan makluk hidup yang disusun oleh jenis sel ini. Di dalam sel ini ada banyak susunan seperti nukleus, mitokondria, badan golgi, retikulum endoplasma, dan beberapa penyusun lainnya.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Hewan dan tumbuhan merupakan makhluk hidup yang memiliki sel dari jenis eukariotik. Keduanya memiliki struktur sel yang berbeda dengan fungsi yang berbeda juga. Berikut ini penjelasan tentang perbedaan antara sel tumbuhan dan sel hewan.

1. Ukuran

Perbedaan pertama bisa terlihat dari segi ukuran. Sel tumbuhan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan sel hewan. Ukuran sel tanaman sekitar 10 um – 100 um. Sedangkan sel hawan hanya sekitar 10 um – 30 um saja.

2. Dinding sel

Bagian sel yang menjadi pembeda antara sel hewan dan sel tumbuhan yaitu keberadaan dinding sel. Dinding sel merupakan sebuah membran sel dan selulosa yang kaku. Dinding sel ini hanya ada di tumbuhan sedangkan hewan tidak memiliki dinding sel. Maka dari itu, sel dari tumbuhan kaku dan keras. Hal ini bisa kita ketahui dari batang dan ranting tanaman yang keras dan kaku. Adanya dinding sel ini jugalah yang membuat sel tumbuhan tidak bisa berubah, sedangkan sel hewan masih bisa berubah bentuk.

3. Ukuran Vakuola

Vakuola merupakan bagian dari endomembran yang merupakan ruang kosong atau tidak memiliki struktur internal. Baik sel hewan atau sel tumbuhan keduanya memiliki vakuola. Yang menjadi pembeda yaitu pada ukurannya. Sel tumbuhan memiliki ukuran vakuola yang lebih besar dibandingkan dengan sel hewan dan menempati hingga 90% dari volume sel tanaman. Sedangkan sel hewan memiliki vakuola yang lebih kecil.

4. Lisosom

Perbedaan sel hwan dan sel tumbuhan lainnya bisa terlihat dari ada atau tidaknya lisosom. Sel hewan memiliki lisosom yang didalamnya ada dua jenis enzim, yaitu hidrolitik dan pencernaan. Enzim hidrolitik berfungsi membunuh bakteri yang ada di tubuh dan enzim penecernaan yang berfungsi untuk memecah molekul makanan. Sedangkan pada sel tumbuhan lisosom jarang ditemukan. Hal ini dikarenakan pemecahan degradasi molekul sudah dilakukan oleh badan golgi.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...