13 Manfaat Daun Binahong dan Efek Sampingnya

Siti Nur Aeni
1 September 2021, 11:00
13 Manfaat Daun Binahong dan Efek Sampingnya
medkomtek.com
Daun Binahong yang kaya manfaat

Dhen San Chi atau daun binahong adalah obat tradisional yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Tanaman herbal ini berasal dari China. Menurut penelitian binahong bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit seperti luka, diabetes, asam urat, dan lain sebagainya.

Pada laman klikdokter.com disebutkan bahwa daun herbal ini memiliki kandungan penting seperti beta karoten, vitamin E, flavonoid, riboflavin, asam folat, kalsium, zat besi, dan protein.

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Kandungan senyawa aktif yang ada di dalam daun binahong membuatnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mengutip dari laman alodokter.com, gooddoctor.com dan klikdokter.com, beberapa manfaat binahong untuk kesehatan antara lain:

1. Obat Maag

Manfaat pertama dari daun herbal ini yaitu menjadi obat maag alami. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun binahong pada tikus diketahui memberikan efek perlindungan pada lesi mukosa lambung.

Binahong juga diketahui bisa membersihkan radikan bebas yang cukup siginifikan sehingga melindungi mukosa. Meskipun demikian, dr. Dyah Novita Anggraini dalam klikdokter.com menuturkan bahwa manfaat binahong untuk pengobati maag masih terbatas pada penelitian di tikus.

2. Menyembuhkan Luka Bakar

Binahong juga memberikan manfaat dalam pengobatan luka bakar. Manfaat daun binahong untuk luka ini karena didalamnya ada kandungan aktif seperti flavonoid, tanin, dan saponin. Senyawa saponon yang ada di daun Dhen San Chi inilah yang beperan sebagai antiseptik sehingga bisa mencegah adanya infeksi pada luka. Senyawa tersebut juga bisa mempercepat terbentuknya kolagen pada kulit.

Selain saponin, flavonoid juga turut mengambil peran dalam penyembuhan luka bakar. Senyawa tersebut memiliki kemampuan untuk mengurangi perdangan. Sedangkan tanin, bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori kulit yang mengalami luka, menghentikan produksi nanah, serta mengehentikan pendarahan ringan. Dengan demikian, luka akan lebih cepat sembuh.

3. Mencegah Risiko Diabetes

Penyakit diabetes muncul jika kadar gula di dalam darah meningkat melebihi batas normal. Penyakit ini sangat berisiko sebab bisa menyebabkan gangguan kesehatan lain. Untuk mencegah diabetes bisa dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa daun binahong memiliki kemampaun untuk menurunkan kadar gula di dalam darah. Senyawa flavonoid, steroid, dan kumarin memiliki khasiat untuk menghambat pemecahan dan penyerapan gula di usus. Selain itu, senyawa tersebut juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi dan fungsi insulin.

4. Mengobati Darah Tinggi dan Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Ekstrak daun binahong juga memberikan khasiat untuk menurunkan denyut jantung dan memperbanyak produksi urin. Kedua efek tersebut ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk mengobati darah tinggi. Selain itu, binahong juga memiliki kemampuan menurunkan kolesterol jahat penyebab jantung. Jika kolesterol jahat rendah maka risiko penyakit jantung juga rendah.

5. Menjaga Fungsi Ginjal

Manfaat ini diketahui setelah dilakukan beberapa penelitian dengan pemberian ekstrak daun binahong kepada penderita gagal ginjal. Daun binahong ini ternyata bermanfaat dalam meningkatkan fungsi ginjal terutama pada penderita gagal ginjal kronis.

6. Mengobati Gatal-gatal

Manfaat daun binahong untuk gatal karena daun ini memiliki kandungan flavonoid dan saponin yang bersifat anti jamur. Jamur merupakan salah satu penyebab iritasi pada kulit. Dengan demikian, daun binahong bisa digunakan untuk mengatasi gatal-gatal di kulit.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...