Pilihan Obat Sakit Perut Anak dengan Dosis yang Tepat

Image title
1 September 2021, 19:15
Ilustrasi seorang anak yang menderita sakit perut. Obat sakit perut anak dibedakan menjadi obat alami dan kimia dengan dosis sesuai usia anak.
scholastic.com
Ilustrasi seorang anak yang menderita sakit perut

Sakit perut pada anak merupakan permasalahan kesehatan yang sering terjadi. Sakit perut merujuk pada rasa sakit yang berasal dari organ di dalam rongga perut. Berdasarkan The New Encyclopaedia Britannica, organ dalam rongga perut termasuk lambung, hati, kandung empedu, limpa, pankreas, usus halus, ginjal, usus besar, dan kelenjar adrenal.

Seringkali sakit perut pada anak terjadi pada saluran pencernaan. Saluran tersebut terdiri dari organ, sistem saraf, dan otot yang rumit. Tetapi, beberapa saraf anak sangat sensitif. Bahkan, aktivitas usus yang normal dapat mengganggu dan menyebabkan rasa sakit.

Advertisement

Dalam beberapa kasus, menurut Boston Children’s Hospital, sakit perut disebabkan oleh masalah yang sangat spesifik seperti maag, mulas, atau sembelit. Pada kasus lain, penyebabnya mungkin tidak begitu jelas.

Penyebab Sakit Perut pada Anak

Menurut artikel Stomach pain in kids: When to worry oleh divisi Gastroenterologi Anak di fasilitas kesehatan Children's Health Amerika Serikat, ada beragam penyebab sakit perut pada anak. Penyebab paling umum dari sakit perut anak meliputi:

  • Gangguan pencernaan.
  • Infeksi atau penyakit perut.
  • Sembelit.
  • Stres atau kecemasan.
  • Sindrom iritasi usus atau nyeri perut.
  • Apendisitis.

Dalam mengatasi sakit perut anak, perlu diperhatikan bagian perut yang sakit. Lokasi rasa sakit dapat membantu dokter menentukan apa yang menyebabkan rasa sakit. Selain itu, aspek penting lain yang perlu diketahui adalah:

  • Tingkat keparahan rasa sakit.
  • Kapan sakit mulai terjadi.
  • Apa yang membuat sakit.
  • Gejala yang menyertai sakit.

Upaya mengatasi sakit perut anak dapat dilakukan dengan memberi obat. Ada berbagai obat sakit perut anak, meliputi obat sakit perut alami dan obat sakit perut kimia.

Obat Sakit Perut Alami untuk Anak

Sakit perut pada anak-anak seringkali dapat diobati dengan perawatan di rumah. Pastikan anak mendapatkan istirahat yang cukup dan berikan cairan untuk menghindari dehidrasi. Anak dapat diberi obat sakit perut alami yang aman untuk pencernaan.

1. Teh Chamomile

Teh chamomile adalah obat sakit perut alami yang sangat baik untuk anak, menurut Dokter Andrew Weil dari University of Arizona seperti dilansir dari parents.com. Teh chamomile memiliki sifat anti-inflamasi dan obat penenang untuk membantu mengurangi ketidaknyamanan perut.

Untuk menyiapkan teh chamomile, rebus air lalu rendam kantong teh selama sekitar 10 menit. Setelah teh selesai diseduh, biarkan dingin hingga suhu ruangan dan berikan kepada anak.

2. Pisang

Pisang aman dikonsumsi untuk sakit perut anak karena mudah dicerna dan dapat meredakan sakit perut. Menurut Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry, pisang memiliki efek antasid alami untuk menetralkan asam perut sehingga meredakan gangguan pencernaan dan mulas.

Kandungan kalium dalam pisang juga dapat meningkatkan produksi lendir di perut sehingga membantu mencegah iritasi pada lapisan lambung. Asupan harian yang direkomendasikan untuk anak adalah 1-2 pisang ukuran sedang.

3. Pepaya

Makan buah pepaya sangat bermanfaat untuk anak. Pepaya berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan, mengatasi sakit perut, dan melancarkan buang air besar. Manfaat pepaya didapatkan dari enzim papain dan chymopapain berdasarkan penelitian dalam buku Biotechnology for Beginners.

Enzim papain adalah enzim pencernaan alami yang memecah makanan yang mengiritasi lambung. Sedangkan enzim chymopapain membantu memecah protein dan menenangkan perut.

Pepaya dapat dimakan langsung oleh anak atau dihaluskan untuk meningkatkan kapasitas pencernaan anak dan mengurangi kembung.

Obat Sakit Perut Kimia untuk Anak

Jika obat sakit perut alami tidak bekerja, Anda dapat memberikan obat sakit perut kimia. Pemberian obat sakit perut kimia perlu memperhatikan aturan pakai dan indikasi. Pastikan obat sakit perut yang beredar di apotek resmi sudah memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement