10 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Image title
3 September 2021, 18:30
Manfaat bawang putih mampu meningkatkan daya tahan tubuh.
ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Manfaat bawang putih mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Bawang putih menjadi salah satu bumbu dapur favorit untuk menambah aroma dan cita rasa yang kuat pada masakan. Selain sebagai bahan dapur, bawang putih punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Dalam 100 gram bawang putih, terdapat sejumlah kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti 4 kalori, 1 gram karbohidrat, 0,2 gram protein, 0,1 gram serat, 5,4 miligram kalsium, 0,1 miligram mangan, 0,9 miligram vitamin C, vitamin B6, flavonoid, selenium, oligosakarida, dan asam amino.

Advertisement

Dengan banyaknya kandungan nutrisi, bawang putih sering digunakan untuk mencegah atau menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mengutip berbagai jurnal, berikut manfaat bawang putih untuk kesehatan:

1. Menyehatkan jantung

Bawang putih bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Manfaat ini paling efektif pada ekstrak bawang putih yang dikeringkan (aged garlic). Ekstrak ini disebut mampu mengurangi plak lunak dan bisa membendung pembentukan plak baru di arteri.

Meneruskan hasil penelitian Journal of Nutrition, ekstrak bawang putih yang dikeringkan menunjukan penurunan kadar kalsium dan protein C-reaktif dalam arteri yang merupakan tanda penumpukan plak yang bisa mempersempit atau meyumbat arteri serta memicu peradangan. Apabila terus dibiarkan, maka seseorang akan rentan terkena stroke dan serangan jantung.

Bukan hanya itu, kandungan sulfur dalam bawang putih bisa diubah oleh sel darah merah menjadi gas hidrogen sulfida yang berfungsi melebarkan pembuluh darah.

Sementara itu, hasil riset Journal of Agricultural and Food Chemistry menyimpulkan bawang putih dapat melindungi penderita diabetes dari kardiomiopati (penyakit kronis otot jantung).

2. Menurunkan tekanan darah

Bawang putih bisa menjadi obat bagi penderita hipertensi bahkan khasiatnya sebanding dengan obat hipertensi generik. Berdasarkan penelitian dari Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences disebutkan bawang putih mentah mampu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik dengan efektifitas yang hampir setara dengan obat atenolol.

Manfaat ini bisa didapat lewat kandungan allicin pada bawang putih mentah. Sehingga,  lebih mudah diserap oleh tubuh.

Bahkan, dalam penelitian lainnya, membuktikan 600-1.500 miligram ekstrak bawang putih punya tingkat efektivitas yang sama dengan obat atenolol dan mampu menurunkan tekanan darah selama 24 minggu.

3. Mencegah kanker

Berdasarkan penelitian National Center for Biotechnology Information, mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat mengurangi risiko terserang berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker perut, kanker pankreas, kanker kerongkongan, kanker paru, kanker lambung, dan kanker prostat.

Kandungan bawang putih yang mampu mencegah pembentukan dan penyebaran sel kanker, yakni sulfur aktif, yang bisa diperoleh dari bawah putih mentah. Selain itu, bawang putih mengandung senyawa allicin yang kaya akan antioksidan dan memiliki sifat antikanker.

Dalam jurnal Cancer Prevention Research yang dilakukan di Jiangsu Provincial Center for Disease Control and Prevention menemukan, responden yang rutin mengonsumsi bawang putih mentah dua kali seminggu mengalami penurunan risiko kanker paru sebesar 44%.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement