Manfaat Mandi Air Hangat, Tingkatkan Kesehatan Otak hingga Jantung

Image title
6 September 2021, 18:05
Berikut manfaat mandi air hangat bagi tubuh.
Katadata
Berikut manfaat dan bahaya mandi air hangat bagi tubuh.

Mandi air hangat kerap dilakukan oleh orang-orang yang tidak tahan mandi dengan air dingin. Manfaat yang biasa dirasakannya adalah sensasi yang menenangkan bagi tubuh dan pikiran.

Setelah melakukan aktivitas yang melelahkan dan berkutat dengan banyaknya pekerjaan, membersihkan diri dengan mandi air hangat memang salah satu pilihan yang bagus. Berikut ini sederet manfaat yang dapat dirasakan setelah mandi air hangat.

Manfaat Mandi Air Hangat

Di Jepang terdapat pemandian air hangat umum yang disebut dengan sento. Tempat ini biasanya dikunjungi oleh masyarakat sepulang kerja. Di sana, sento juga dianggap bisa membersihkan badan dan pikiran.

Di Indonesia, mungkin tidak banyak pemandian air hangat yang dapat disinggahi setiap hari. Namun Anda dapat mandi air hangat di rumah masing-masing. Apa saja manfaat mandi air hangat untuk tubuh kita?

1. Memiliki dampak terapeutik

Seorang dermatologis asal New York, Amerika Serikat, dr. Bobby Buka mengatakan ada manfaat mandi dengan air hangat bagi kesehatan karena kulit mampu merilis hormon endorfin ketika dibasahi air hangat. Karena itu, mandi air hangat dapat memberikan efek terapeutik dan menyegarkan. Aliran darah ke kulit jadi meningkat.

Untuk mendapatkan sensasi ini, Anda pun bisa mencampurnya dengan garam. Selain itu, suhu tubuh yang meningkat membuat sel neuron lebih peka dan membuat denyut jantung meningkat. Jadi, manfaat mandi air hangat dicampur garam membuat tubuh terasa segar.

2. Meningkatkan pernapasan

Temperatur dari air hangat dan tekanan pada dada Anda ternyata mampu meningkatkan kapasitas paru-paru serta asupan oksigen. Sama seperti efek bersauna, menurut beberapa studi yang berkembang, manfaat mandi menggunakan air hangat bisa menurunkan risiko serangan jantung, meningkatkan kontrol terhadap gula darah, hingga menurunkan tekanan darah.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat mandi air hangat setelah begadang ternyata membuat Anda lebih mengantuk. Studi terbitan Sleep Medicine Reviews menemukan bahwa mandi air hangat 90 menit sebelum tidur membuat Anda tertidur lebih cepat. Riset juga membuktikan bahwa manfaat mandi air hangat bisa meningkatkan kualitas tidur.

Hal ini lantaran temperatur inti tubuh akan meningkat ketika berendam atau dibasahi air hangat. 
Kemudian, ketika beranjak dari kamar mandi, temperatur tubuh akan memberikan sinyal bahwa tubuh sudah siap untuk tidur. Hal ini mampu membuat kualitas tidur Anda lebih baik, dan tentunya, mengantuk lebih cepat, cara yang bisa diterapkan saat begadang atau mengidap insomnia.

4. Membakar kalori

Mandi air hangat terbukti mampu membakar kalori. Dalam sebuah penelitian terhadap 10 pria yang mandi air hangat dan berendam menunjukkan bahwa para responden mengalami pembakaran 126 kalori per jam. Jumlah ini biasanya baru dicapai ketika berjalan kaki sekitar 25-30 menit.

Dalam penelitian yang sama, terdapat kesimpulan bahwa manfaat mandi air hangat juga bisa menghindari lonjakan gula darah setelah makan.

5. Meredakan rasa sakit pada tubuh

Berendam dengan air hangat bisa mengurangi rasa sakit pada tubuh. Ada penelitian yang memperlihatkan kasus pada pengidap penyakit Ehlers-Danlos. Penyakit ini membuat tubuh penderitanya sangat “ringkih”.

Penelitian tersebut membuktikan, mandi air hangat bisa membuat otot-otot tubuh penderita Ehlers-Danlos rileks. Jadi, rasa nyeri pada tubuh bisa diredakan. Tak perlu khawatir, manfaat mandi air hangat di malam hari ini pun bisa dirasakan pada orang-orang pada umumnya

6. Meningkatkan kesehatan otak

Pada studi tahun 2018, mandi dengan air hangat terbukti bisa menstimulasi brain-derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF adalah protein yang memiliki banyak fungsi untuk otak, seperti:

  • Meningkatkan kualitas kelangsungan hidup sel-sel saraf.
    Mempercepat pertumbuhan, pematangan, dan pemeliharaan sel saraf.
  • Meningkatkan kemampuan otak dalam mempelajari sesuatu dan mengingat.

Studi ini melibatkan delapan pria yang terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mandi dengan air panas selama 20 menit. Kelompok lainnya mandi dengan air hangat.

Partisipan yang mandi dengan air panas memiliki kadar BDNF lebih tinggi. Peneliti menyimpulkan, hipertemia yang disebabkan mandi air panas bisa menambah produksi BDNF.

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Keuntungan mandi air hangat, termasuk manfaat mandi air hangat di pagi hari, selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan jantung.

Sebuah laporan pada tahun 2014 menunjukkan bahwa air hangat bisa melancarkan peredaran darah pada penderita gagal jantung. Sebab, pembuluh darah akan melebar ketika terekspos dengan temperatur tinggi.

Kemudian, pada sebuah studi tahun 2012, air hangat juga terbukti bisa meredakan kekakuan pada pembuluh darah. Studi itu memperlihatkan, partisipan yang memasukkan sebagian kakinya ke dalam air panas selama setengah jam, mampu meredakan pembuluh darah yang kaku.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...