Penuh Sejarah, Ini 5 Destinasi Wisata Semarang

Image title
9 September 2021, 14:20
Bangunan peninggalan masa penjajahan Belanda di Wilayah Kota Lama, Semarang, jawa Tengah, menjadi lokasi wisata Semarang.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Bangunan peninggalan masa penjajahan Belanda di Wilayah Kota Lama, Semarang, jawa Tengah, menjadi lokasi wisata Semarang.

Wisata Semarang menyimpan banyak bangunan bersejarah. Ibu Kota Jawa Tengah ini merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia. Kota seluas 373,70 kilometer yang terdiri dari 16 kecamatan dan 117 kelurahan ini berpenduduk heterogen, terdiri dari etnis Jawa, Cina, Arab, dan pendatang yang menuntut ilmu, bekerja, maupun menetap. Hal tersebut menjadikan Semarang sebagai kota yang kaya keberagamaan.

Kekayaan Kota Semarang mencakup banyak sisi, mulai dari keberagaman, kebudayaan, sejarah, hingga tempat wisata. Selain itu, fasilitas prasarana Kota Semarang juga sudah cukup memadai, mulai dari pelabuhan, pendidikan, kesehatan, perbelanjaan, sampai kawasan bisnis.

Advertisement

Mengutip Semarang Kota, selain sebagai kota perdagangan, Semarang juga menjadi kota jasa pariwisata. Karenanya, hotel-hotel dari kelas melati sampai kelas bintang terus berkembang. Selain itu, sarana transportasi udara maupun darat juga terus ditingkatkan.

Punya ciri khas keberagamaan menjadikan Kota Semarang destinasi wisata para pelancong, baik lokal maupun mancanegara. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 destinasi wisata Semarang.

1. Benteng Pendem Ambarawa

Benteng yang juga dikenal dengan nama Benteng Fort Willem I ini merupakan bangunan tua peninggalan bangsa Belanda. Seiring zaman, saksi bisu kolonialisme negeri kincir angin itu pun dijadikan lokasi berburu foto oleh generasi milennial.

Tangsi serdadu ini masih kokoh berdiri di tengah persawahan Desa Lodoyong RT 07 RW 3, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Pelancong yang berkunjung ke sini akan dikenakan retribusi Rp 5.000 per orang plus parkir.

Setengah bagian benteng yang dibangun pada 1845 ini dijadikan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Ambarawa. Sehingga, pengunjung hanya bisa mendatangi sisi utara benteng saja. selain itu, benteng Pendem memiliki dua tingkat, namun wisatawan hanya bisa berkeliling di lantai dasar, sebab lantai dua dijadikan sebagai tempat tinggal pegawai lapas.

Arsitekturnya yang masih asli dan autentik membuat bangunan ini cocok dijadikan latar berfoto. Beberapa orang memanfaatkan bangunan tua nan bersejarah ini sebagai lokasi foto model hingga pemotretan pre wedding.

2. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng yang terletak di Jalan Simongan Raya nomor 129, Bongsari, Kecamatan Semarang Barat ini merupakan situs bersejarah perkembangan dan persebaran Islam di Semarang oleh seorang penjelajah asal Cina, Laksamana Cheng Ho.

Walaupun bernuansa Tiongkok, klenteng ini punya banyak corak islami khusus pada area langit-langit yang berwarna hijau dan bedug. Dengan nuansa tersebut, klenteng ini cocok untuk dijadikan tujuan wisata religi sekaligus berburu foto.

Hingga kini, klenteng tua ini masih eksis sebagai tempat digelarnya sejumlah festival, seperti Hari Raya Imlek dan peringatan HUT Sam Poo Kong.

Untuk berkunjung ke situs bersejarah ini, wisatawan akan dikenakan biaya Rp 8.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Sementara pada akhir pekan, harga tiket untuk satu orang dewasa naik menjadi Rp 12.000 dan Rp 8.000 untuk anak-anak.

Apabila pengunjung ingin masuk dan berkeliling di dalam area ibadah, ada biaya tambahan Rp 28.000 untuk orang dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak. Sementara, di akhir pekan harga naik menjadi Rp 30.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak.

Ada banyak sisi daya tarik dari Klenteng Sam Poo Kong ini, salah satunya menjadi simbol akulturasi budaya dan simbol toleransi atas umat beragama. Selain itu, bangunannya yang megah, patung Laksamana Cheng Ho yang gagah, dan gua bersejarah memuat makam atau petilasan juru murid sang laksamana juga jadi alasan wisatawan untuk berkunjung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement