Pengertian Simbiosis Mutualisme dan Contohnya di Lingkungan Sekitar

Siti Nur Aeni
10 September 2021, 16:25
Ilustrasi simbiosis mutualisme antara kupu-kupu dengan bunga
pixabay.com
Ilustrasi simbiosis mutualisme antara kupu-kupu dengan bunga

Setiap makhluk hidup membutuhkan kehadiran makhluk hidup lainnya. Tidak mungkin ada yang bisa bertahan sendirian. Tumbuhan membutuhkan manusia untuk merawatnya, juga hewan karena melalui kotorannya menyediakan pupuk organik.

Hewan membutuhkan manusia karena ekosistem tempat tinggalnya sebagian besar dikelola manusia. H ewan juga butuh tumbuhan untuk mempertahankan hidupnya. Manusia pun membutuhkan hewan dan tumbuhan untuk mempertahankan hidup.

Advertisement

Contoh interaksi di atas merupakan bukti bahwa setiap makhluk hidup membutuhkan peran makhluk lain. Interaksi tersebut dikenal juga dengan sebutan simbosis.

Dalam istilah biologi simbiosis merupakan sebuah istilah untuk menggambarkan interaksi antarorganisme yang hidup berdampingan. Ada interaksi yang menguntungkan, merugikan, ataupun netral. Pembagian tersebut dikenal dengan simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme.

Pengertian Simbiosis Mutualisme

Pemahaman terakir simbiosis merupakan hal yang penting untuk dipelajari. Meskipun ada tiga jenis interaksi, namun sejatinya setiap makhluk hidup menginginkan interaksi yang saling menguntungkan. Interaksi tersebut dikenal dengan istilah simbiosis mutialisme.

Menurut penjelasan dalam skripsi karya Widya Amrah (2016) yang berjudul Pengaruh Penggunaan Lingkungan Alam sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Konsep Makhluk Hidup dan Lingkungannya pada Siswa Kelas IV SD Inpres Lakiyung Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa, simbiosis mutualisme adalah hubungan yang terjadi antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan.

Adanya interaksi tersebut membuat kehidupan dua atau lebih makhluk hidup yang berinteraksi bisa saling mendukung dan terjaga dengan baik. Tidak ada salah satu yang merasa dirugikan, sehingga bisa hidup berdampingan dengan baik.

Contoh Simbiosis Mutualisme

Ada beberapa kasus atau contoh simbiosis mutualisme yang biasa kita jumpai di alam. Ingin tahu apa saja contohnya? Berikut ini penjelasanya.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement