Kata-kata Penyemangat Hidup dari Buku Atomic Habits untuk Milenial

Image title
16 September 2021, 06:00
Ilustrasi Kata-kata penyemangat hidup dalam keseharian
https://freerangestock.com/
Ilustrasi Orang Berlari Mengejar Mimpi

Pernahkan Anda merasa malas dan seperti kehabisan energi untuk beraktivitas? Padahal, secara fisik semuanya nampak sehat dan tak ada kekurangan. Namun dalam psikis ada sesuatu yang di luar kendali dan sulit untuk dimengerti.

Mungkin Anda perlu asupan motivasi dan kata-kata penyemangat hidup agar semakin berenergi. Salah satu buku yang banyak memberikan motivasi adalah tulisan dari James Clear berjudul "Atomic Habits".

Advertisement

James menulis mengenai cara mengubah kebiasaan buruk dan membangun kebiasaan baru yang baik. Dirinya juga mengajarka mengenai prinsip bahwa perubahan itu dimulai dari sesuatu yang sederhana menjadi luar biasa.

Bagi Anda yang merasa lemas dan tak berenergi karena kurang motivasi, Katadata.co.id merangkum sejumlah tulisan menarik dari "Atomic Habits". 

1. Dahsyatnya Perubahan Kecil yang Dapat Menghasilkan Pengaruh Besar

Seperti judulnya, "Atomic Habits", James Clear ingin menyampaikan bahwa segala hal besar selalu dimulai dari langkah pertama yang nampaknya sederhana. Konsep ini bisa diterapkan dalam pelbagai bidang, dari menurunkan berat badan, membangun bisnis, hingga kegiatan kreatif seperti menulis buku. Semuanya dimulai dari langkah pertama.

James menuturkan bahwa perbaikan secara step by step meski hanya satu persen namun dilakukan dengan konsisten akan berpengaruh besar dalam kehidupan. Anda mengulang-ulang kebiasaan kecil itu dan dalam jangka panjang akan bernilai besar.

Intinya setiap perubahan untuk menuju kebaikan hasilnya tidak bisa langsung terlihat. Karena sukses adalah produk kebiasaan sehari-hari bukan hanya transformasi yang terjadi sekali dalam seumur hidup.

2. Lupakan Sasaran, Berfokuslah pada Sistem

Seperti banyak kutipan-kutipan bijak yang sering beredar di lingkungan kita, kunci untuk sukses adalah menetapkan sasaran. Namun untuk target jangka panjang, pola membidik sasaran tidak selamanya manjur. James menuliskan bahwa mengubah sistem dalam menjalani kehidupan lebih baik dari pada hanya sekedar fokus pada tujuan.

James juga menegaskan bahwa sasaran selalu bicara tentang hasil. Namun sistem bicara mengenai proses yang akan mengantar kepada hasil-hasil tersebut. Setidaknya, bila tidak tepat pada sasaran namun memperbaiki sistem hidup, akan ada banyak kebiasaan dalam diri yang ikut menyesuaikan dan menjadi lebih baik.

3. Membangun Identitas Baru yang Lebih Baik dengan Dua Langkah

Banyak orang mengira untuk memiliki bakat tertentu merupakan sebuah takdir bawaan yang ada sejak lahir. Seperti talenta penulis yang ada sejak lahir. Atau jiwa kepemimpinan yang dianggap berasal dari garis keturunan.

Namun semua hipotesa itu disanggah oleh James Clear yang mengungkapkan bahwa identitas bergantung pada cara manusia mewujudkan kebiasaan. Seperti orang yang rajin ke tempat ibadah selama bertahun-tahun, dia akan mendapat label sebagai sosok yang agamis. Atau rajin lari di setiap pagi akan mendapat label sebagai sosok olahragawan.

Maka mulai saat ini, untuk mengubah kebiasaan buruk dari diri Anda, ada dua tips sederhana yang harus dilakukan. Pertama,  putuskan tipe orang yang Anda cita-citakan, dan kedua, buktikan pada diri sendiri dengan kemenangan-kemenangan sederhana. 

Dalam keseharian dua konsep sederhana itu bisa dimulai seperti, saat anda berlatih bermain biola pikirkan bahwa anda adalah seorang pemusik. Atau saat anda sedang berolahraga pikirkan bahwa anda adalah seoranga atlet. Atau saat sedang memberi motivasi dan semangat kepada kawan maka bayangkan bahwa anda adalah seorang motivator handal. 

Maka dimulai dari perubahan-perubahan sederhana yang kita buat, maka akan terbentuk pula identitas mengenai sosok: siapakah diri kita? Tak perlu mendengarkan pernyataan orang lain mengenai sosok diri kita, bamun cukup bangun sosok terbaik versi diri sendiri. 

5. Membentuk Perilaku Baik dalam Empat Kaidah Sederhana

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement