4 Cara Membuat Minyak Kemiri untuk Rambut dengan Mudah dan Murah

Image title
1 November 2021, 19:30
Ilustrasi cara membuat minyak kemiri untuk rambut dengan mudah dan murah
Pixabay
Ilustrasi cara membuat minyak kemiri untuk rambut dengan mudah dan murah

Buah kemiri ternyata tidak hanya bisa digunakan sebagai konsumsi bumbu dapur saja, juga bisa untuk obat-obatan sebagai suplemen anggota tubuh. Salah satunya digunakan dalam bentuk ekstraksi dan menjadi minyak kemiri.

Produk minyak kemiri saat ini sudah banyak dijual secara umum di pasar. Namun jangan khawatir minyak kemiri bisa dibuat secara mudah dan ekonomis. Berikut cara membuat minyak kemiri untuk rambut dengan mudah dan murah bisa digunakan di rumah:

1. Proses Dipanggang
Cara membuat minyak kemiri pertama untuk rambut dengan memanggang. Caranya mudah, pertama, panaskan beberapa buah biji kemiri dalam oven selama 15 menit. Setelah itu, keluarkan dan diamkan pada suhu ruangan.

Kemudian, tumbuk biji kemiri. Kemudian, masukkan biji kemiri yang sudah ditumbuk dalam sebuah toples kaca. Jemur di bawah sinar matahari hingga minyak kemiri keluar (maksimal dua minggu), lalu simpan di kulkas.

2. Proses Dibakar
Cara membuat minyak kemiri untuk rambut kedua adalah dengan dibakar. Caranya dengan membakar beberapa buah biji kemiri sampai nampak kehitaman.

Kemudian, blender atau gerus kemiri menggunakan cobek sampai mengeluarkan minyak. Setelah itu, saring minyak menggunakan penyring kawat atau lap bersih untuk memisahkan minyak dengan ampas kemiri. Biasanya, kemiri yang dipanaskan terlebih dahulu sebelum dihancurkan akan menghasilkan minyak yang berwarna kehitaman.

 3. Proses Disangrai
Cara membuat minyak kemiri untuk rambut ketiga adalah dengan disangrai. Caranya dengan digoreng di wajan tanpa menggunakan minyak.

Cukup sangrai beberapa buah biji kemiri sampai berwarna kehitaman. Lalu, tumbuk atau blender sampai mengeluarkan minyak.
Saring dengan saringan kawat atau lap bersih untuk memisahkan minyak dengan ampas kemiri.

4. Proses Dihaluskan
selanjutnya adalah dengan dihaluskan yang menggunakan parutan atau blender. Caranya adalah dengan membersihkan beberapa buah biji kemiri, lalu parut atau blender dengan mencampurkan sedikit air putih (agar mudah diblender).

Kemudian, masak campuran minyak kemiri tersebut sampai menghasilkan minyak kemiri. Cara membuat minyak kemiri tanpa dipanaskan terlebih dahulu seperti langkah di atas akan menghasilkan hasil akhir yang lebih bening, tapi kuantitasnya lebih sedikit.

 Cara Memanfaatkan Minyak Kemiri untuk Rambut

Setelah mengerti cara mengolah minyak kemiri, kemudian adalah proses penggunanaannya di rambut kepala, dilansir dari SehatQ.com, berikut cara memanfaatkan minyak kemiri untuk kesehatan rambut kepala:

1. Menjadi Conditioner Rambut

Cara memanfaatkan minyak kemiri yang pertama adalah dengan menggunakannya sebagai conditioner rambut. Cara menggunakannya adalah dengan membasahi rambut dan gunakan sampo sesuai jenis rambut Anda seperti biasa. Bilas dengan air sampai bersih. Lalu, oleskan minyak kemiri ke seluruh helaian rambut bagian tengah hingga ujung rambut sebagai conditioner alami.

2. Menggunakan Sebelum Keramas

Cara memperoleh manfaat kemiri untuk rambut dan kulit kepala bisa dilakukan sebelum keramas. Cukup oleskan minyak kemiri pada helaian rambut dan kulit kepala, sebelum mencuci rambut.

3. Menjadi Masker Rambut

Untuk mendapatkan manfaat kemiri untuk rambut bisa digunakan sebagai masker rambut alami. Cara menggunakan, yaitu oleskan minyak kemiri ke seluruh helaian rambut dan kulit kepala, diamkan selama beberapa jam (atau bahkan semalaman). Setelah itu, cuci rambut seperti biasa menggunakan air dan sampo sampai bersih.

4. Bahan Perawatan Kulit Kepala

Pada tahap ini Anda juga bisa memperoleh manfaat dengan mengoleskan minyak kemiri secukupnya pada kulit kepala seraya memijatnya perlahan di malam hari. Diamkan selama semalaman, lalu cuci rambut dengan air dan sampo pada keesokan paginya. Proses ini diyakini dapat menjaga kesehatan kulit kepala Anda.

 Cara Alternatif Memanfaatkan Minyak Kemiri:

Selain pemanfaat seperti yang telah disebut di paragraf atas, ada sejumlah cara lain untuk memperoleh khasiat dari minyak kemiri. Antara lain:

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...