Katadata Gaet Penghargaan Media Terbaik Pembangunan Energi Terbarukan

Redaksi
Oleh Redaksi
22 November 2021, 17:39
Energi Terbarukan
Katadata | Webinar
METI Awards dan Pembukaan EBTKE Conex 2021

Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia atau METI kembali memberi penghargaan untuk sejumlah kalangan. Pada tahun ini, Katadata.co.id termasuk yang mendapat METI Awards untuk kategori “The Best Media (Online/Printed) for RE Development”.

Ketua METI Surya Dharma mengatakan, anugerah tersebut merupakan wujud motivasi dan penghargaan terhadap komitmen pelaku usaha energi terbarukan. “Ini merupakan apresiasi kepada pihak-pihak yang berkontribusi dalam percepatan pelaksanaan pembangunan energi terbarukan di Indonesia,” kata Surya Dharma di Jakarta, Senin (22/11).

Selain anugerah kepada Katadata.co.id, METI memberi penghargaan untuk Kompas dalam kategori yang sama, “The Best Media (Online/Printed) for RE Development” ini. Adapun Berita Satu dinobatkan untuk kategori “The Best Electronic Media for RE Development”.

Secara keseluruhan, METI memberikan penghargaan kepada 30 perusahaan kecil dan besar. Badan usaha tersebut dari lembaga keuangan, startup company, universitas, dan pemerintah daerah. Juga ada anugerah bagi individu dan peneliti yang memiliki komitmen berkelanjutan untuk mengembangkan energi terbarukan dan konservasi energi.

Penghargaan ini merupakan dari rangkaian The 10th Indonesia EBTKE Conference and Exhibition 2021. Konferensi dan pameran terbesar di bidang energi terbarukan di Indonesia ini diadakan secara daring mulai hari ini hingga 27 November 2021. Tema yang diangkat yakni “Energy Transition Scenario Towards Net Zero Emission”.

Menurut Surya Dharma, METI menyelenggarakan agenda tahunan ini sejak 2012 dengan menggandeng Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Tahun lalu, peserta acara ini mencapai sekitar empat ribu orang secara online. Mereka berasal dari Indonesia dan negara lain.

Acara ini juga menjadi ajang peserta untuk memperhatikan daya saing investasi Indonesia yang begitu besar, terutama dalam konteks sumber energi terbarukan. “Tentunya hal ini harus dimanfaatkan secara optimum,” kata Surya Dharma. Apalagi, “Kami mencatat beberapa pengembangan energi terbarukan belum sepenuhnya diselesaikan.”

Tiga hal yang dia garis bawahi. Pertama, Rancangan Undang-Undang Energi Terbarukan perlu segera dibahas. Topik pengembangan nuklir mestinya dikeluarkan dalam pembahasan RUU tersebut. Sebagai gantinya, dapat dibuatkan Undang-Undang Ketenaganukliran.

Halaman:
Reporter: Muchamad Nafi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...