Cara Membuat dan Login Classroom Google

Google classroom atau classroom google merupakan produk dari perusahaan teknologi ternama, Google. Platform ini biasa digunakan untuk proses pembelajaran dalam jaringan atau daring.
Image title
16 Juni 2021, 16:55
Cara Membuat Dan Login Classroom Google
ANTARA FOTO/Maulana Surya/hp.
Guru membuat tugas dan berinteraksi dengan siswa lewat Google Classroom di SMP Lazuardi Kamila Global Compassianote School (SCS), Solo, Jawa Tengah, Selasa (17/3/2020). Sekolah setempat menerapkan pembelajaran secara daring menyusul aturan Pemerintah Kota Solo yang menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) virus Corona dengan meliburkan sekolah selama 14 hari setelah adanya satu pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia dan satu dirawat di ruang isolasi RSUD Moewardi, Solo.

Sudah satu tahun lebih proses belajar mengajar dilakukan secara daring atau online di seluruh tingkat pendidikan di Indonesia. Banyak media yang digunakan untuk melangsungkan kegiatan tersebut. Salah satu media yang populer yakni classroom google. Selain google classroom ada beberapa media lain sebagai media pembelajaran selama sekolah atau kuliah online.

Berdasarkan rangkuman dari tim Databoks pada Desember 2020, setidaknya terdapat dua belas media yang biasa digunakan para guru selama masa pembelajaran jarak jauh atau PJJ berlangsung. Dan google classroom menempati posisi kedua dengan persentase pengguna sebanyak 54 %. Berikut ini data lengkapnya.

Mengenal Google Classroom dan Keunggulannya

Google classroom atau classroom google merupakan produk dari perusahaan teknologi ternama, Google. Platform ini biasa digunakan untuk proses pembelajaran dalam jaringan atau daring.

Advertisement

Aplikasi ini memiliki fitur lengkap yang mendukung proses pembelajaran lebih mudah. Penggunaan aplikasi ini juga sangat sederhana yang membuat siapa saja mudah untuk mengaksesnya.

Selain itu ternyata masih ada beberapa keunggulan lain yang dimiliki platform belajar online ini. Penasaran apa saja keunggulannya, simak penjelasan berikut ini:

1. Mudah untuk melakukan pengelolaan tugas yang diberikan

Di classroom google ada fitur untuk memberikan dan mengumpulkan tugas dengan mudah. Di sana terdapat satu halaman atau bagian khusus yang dapat digunakan untuk melihat tugas dari guru atau admin dari clasroom tersebut. Format tugas sangat beragam mulai dari dokumen, PDF, foto, atau bentuk file lainnya.

Tugas yang ada di google classroom juga bisa dilihat di Google Calender, sehingga ketika masuk waktu tenggat atau deadline akan ada notifikasi yang masuk untuk menjadi pengingat. Dengan fitur tersebut, keterlambatan dalam pengumpulan tugas dapat diminimalisasi.

Apabila pengumpulan tugas terlambat, google classroom akan memberitahukan waktu keterlambatannya. Hal ini membuat penilaian yang diberikan oleh guru menjadi lebih objektif dan adil. Nilai yang diberikan guru atas tugas-tugas di google classroom juga bisa dilihat oleh siswanya, sehingga transparansi nilai lebih jelas.

2. File yang diunggah pada classroom tersimpan di google drive

Google classrom masuk menjadi bagian dari G Suite sehingga akan terhubung dengan berbagai fitur Google lainnya seperti google drive, google calender, hangouts meet, google form, sheets, docs, gmail, dan beberapa fitur lainnya. Karena terhubung dengan gdrive, segala file yang diunggah guru atau admin dari classroom google tersebut dapat tersimpan di gdrive yang kita miliki.

Hal tersebut memberikan keuntungan kepada pengguna karena tidak perlu khawatir lagi filenya akan hilang. File yang tersimpan di gdrive juga memudahkan untuk mengunduh serta megaksesnya di mana saja dan kapan saja.

3. Aman dan bebas iklan

Keunggulan berikutnya adalah aman dan bebas iklan. Ketika menggunakan media pembelajaran yang lain, sering kali kita terkendala dengan iklan yang bertebaran. Namun di classroom google ini sangat nyaman karena tidak ada iklan. Platform ini juga menjanjikan keamanan yang sangat tinggi.

4. Gratis

Berbeda dengan platform media pembelajaran lain yang mengharuskan penggunanya untuk berlangganan, GC atau google classroom ini memberikan layanan bebas biaya langganan alias 100 % gratis.

Cara Membuat Classroom Google

Sudah mengenal tentang google classroom dan beberapa keunggulannya, kini mungkin banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara membuat classroom google? Berikut ini penjelasan seputar cara membuat GC:

  1. Langkah pertama buka terlebih dahulu situs classroom.google.com.
  2. Selanjutnya, klik Tambahkan (+) kemudian pilih opsi “Buat Kelas” yang terdapat pada bagian atas halaman. Apabila akun google Anda tidak ada opsi untuk “buat kelas”, google menyarankan untuk ganti akun lain atau menghubungi administrator google workspace untuk meminta bantuan.
  3. Tahapan berikutnya, Anda bisa memberi nama untuk kelas yang akan dibuat.
  4. Anda bisa masukkan deskripsi kelas, namun pilihan ini hanya opsional.
  5. Anda pun bisa memasukkan data mata pelajaran dengan klik “mata pelajaran” lalu masukkan nama mata pelajaran tersebut.
  6. Anda dapat memasukkan lokasi kelas dengan cara klik bagian “ruang” namun pilihan ini juga opsional alias tidak wajib.
  7. Apabila semua data yang diperlukan sudah selesai di-input, langsung klik “buat” dan google classroom Anda sudah bisa digunakan untuk media belajar jarak jauh.

Cara Login Google Classroom

Bukan hanya cara membuatnya saja yang mudah, untuk masuk google classroom juga sangatlah mudah. Berikut ini penjelasannya:

  1. Langkah pertama Anda masuk ke aplikasi GC.
  2. Kemudian pilih opsi Get Started dan masukkan email google yang akan digunakan pada saat google classroom login.
  3. Pilih opsi tanda plus (+) yang ada di pojok kanan halaman.
  4. Selanjutnya ada dua pilihan untuk “join class” atau “create class”. Apabila ingin join class, Anda harus memasukkan kode kelas sebanyak 7 digit angka. Anda bisa meminta kode kelas kepada guru/dosen/admin dari classroom tersebut.
  5. Jika kode kelas sudah di-input, Anda bisa menggunakan classroom google tersebut untuk belajar dan mendapatkan berbagai informasi dari guru atau dosen.

Demikian cara untuk masuk ke google classroom. Anda bisa masuk google classroom menggunakan handphone atau perangkat lain yang mendukung untuk akses platform tersebut. Bagaimana, mudah bukan?

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Mengumpulkan Tugas

Untuk yang ingin mengumpulkan tugas melalui classroom google namun belum tahu caranya, simak dan pelajari penjelasan berikut ini:

Menyerahkan Tugas

  1. Langkah pertama, pastikan Anda telah mendaftar atau masuk dalam kelas tersebut. Untuk memastikan google classroom sign, Anda bisa membuka laman google classroom kemudian lihat kelas yang menjadi tempat Anda mengumpulkan tugas. Apabila kelas tersebut muncul, berarti Anda sudah bergabung, namun jika belum berarti telebih dahulu harus bergabung ke kelas tersebut.
  2. Kemudian lanjutkan dengan membuka kelas. Lalu klik bagian “Tugas Kelas” .
  3. Lanjutkan dengan klik tugas tersebut kemudian “lihat tugas”.
  4. Kemudian kini anda bisa melampirkan lembar jawaban tugas yang akan Anda serahkan dalam bentuk dokumen word, gambar, atau PDF.
  5. Kemudian klik “serahkan” dan konfirmasi.
  6. Sebelum menyerahkan tugas, Anda juga bisa mengisi kolom komentar yang dapat dibaca oleh dosen atau guru anda.
  7. Apabila tugas sudah terkirim, maka status tugas akan berubah menjadi “diserahkan”.

Mengirimkan Kuis

Selain tugas dalam bentuk latihan soal atau ulangan, seringkali dosen atau guru membuat kuis melalui google classroom. Kuis biasanya dilakukan sebelum atau setelah pertemuan. Jumlah soalnya tidak begitu banyak. Kuis dibuat dengan maksud untuk mengukur kemampuan siswa atau mahasiswa dalam memaham materi.

Untuk anda yang ingin mengirimkan kuis melalui google classroom, namun bingung caranya? Simak baik-baik penjelasan berikut ini:

  1. Buka terlebih dahulu google classroom.
  2. Kemudian klik kelas lalu klik kembali “tugas kelas”.
  3. Apabila sudah, klik tugas yang diberikan lalu klik “lihat tugas”.
  4. Selanjutnya Anda bisa pilih formulir yang merupakan soal-soal kuis dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan.
  5. Jika sudah selesai dan yakin dengan jawabannya, Anda bisa langsung klik “kirim”.
  6. Apabila form tersebut satu-satunya tugas yang diberikan, maka status tugas pada classroom google ada akan berubah menjadi “diserahkan”, namun apabila masih ada tugas lain yang harus diselesaikan anda bisa kembali mengerjakan tugas tersebut dengan klik “buka tugas”.

Cara Download Google Classroom APK

Selain bisa diakses menggunakan laptop atau PC google classroom juga bisa diakses menggunakan smartphone. Apabila anda ingin mengakses GC melalui ponsel pintar, maka sangat dianjurkan untuk download aplikasi google classroom terlebih dahulu untuk mempermudah aksesnya. Berikut ini cara untuk download google classroom di android maupun di iOS.

Download Aplikasi Google Classroom di Android

  1. Langkah pertama untuk mengunduh aplikasi google classroom di android yaitu, buka terlebih dahulu aplikasi google playstore yang sudah terpasang di android Anda.
  2. Kemudian cari aplikasi google classroom dengan mengetikkan pada kolom pencarian yang sudah tersedia.
  3. Lanjutkan dengan mengunduh aplikasi GC tersebut. Tunggu sebentar sampai proses pengunduhan dan pemasangan selesai.
  4. Kini aplikasi google classroom di hp android Anda sudah bisa digunakan.

Download Aplikasi Google Classroom di iOS

Tenang saja, untuk anda pengguna iPhone, anda juga bisa menggunakan aplikasi GC ini. Berikut cara untuk mengunduhnya:

  1. Langkah pertama untuk mengunduh aplikasi google classroom di iphone yaitu, buka terlebih dahulu aplikasi apple app store yang sudah terpasang di iphone anda.
  2. Kemudian cari aplikasi google classroom dengan mengetikkan pada kolom pencarian yang sudah tersedia.
  3. Lanjutkan dengan mengunduh aplikasi GC tersebut. Tunggu sebentar sampai proses pengunduhan dan pemasangan selesai.
  4. Kini aplikasi google classroom di iphone anda sudah bisa digunakan.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait