Jangan Abai, Ini Pentingnya Asuransi Kesehatan

Image title
19 Agustus 2021, 14:15
Ilustrasi pasien asuransi kesehatan.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi pasien asuransi kesehatan.

Tidak ada yang bisa menjamin kesehatan seseorang, tua maupun muda, akan luput dari ancaman penyakit. Untuk itu, asuransi kesehatan hadir sebagai penyokong Anda dalam mempersiapkan hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan.

Asuransi kesehatan hadir sebagai penanggung yang mencakup pembayaran biaya medis, bedah, maupun perawatan kesehatan lainnya. Polis asuransi diterbitkan oleh perusahaan asuransi untuk mengganti biaya tertanggung untuk membayarkan biaya medis dikarenakan sakit atau mengalami cedera.

Sebagian orang menganggap premi atau nominal yang harus dibayarkan nasabah terlampau besar. Namun, jangan salah, manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mendaftar asuransi kesehatan juga tidak sedikit.

Membeli asuransi kesehatan untuk diri sendiri berguna sebagai antisiapsi biaya rumah sakit yang tidak bisa diprediksi di masa mendatang. Selain itu, hal ini bisa membantu meringankan beban keluarga.

Bukan hanya itu, asuransi kesehatan juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan layanan serta fasilitas kesehatan yang layak dan memadai. Namun, hal tersebut tergantung pada pilihan preminya. Selain itu, proses pembayaran berobat menjadi praktis, apalagi banyak di antara perusahan asuransi yang telah bekerja sama dengan pihak rumah sakit.

Memiliki asuransi kesehatan membuat Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan masalah biaya medis karena perusahaan asuransi akan menanggungnya. Untuk itu, penting mengetahui dan memahami produk asuransi yang tepat dan sesuai kebutuhan Anda.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk mendaftar di suatu perusahaan asuransi, di antaranya membayar premi asuransi secara tepat waktu. Pastikan pula polis asuransi kesehatan Anda telah melampaui masa tunggu untuk mengajukan klaim asuransi.

Selain itu, pelajari klausal pengecualian produk asuransi kesehatan yang dipilih, seperti plafon asuransi. Plafon asuransi berisi jatah biaya medis maksimal yang akan ditanggung oleh asuransi selama pengobatan.

Dalam memilih asuransi kesehatan, ada beberapa hal lain yang bisa jadi bahan pertimbangan, seperti reputasi perusahaan hingga manfaat pertanggungan. Berikut beberapa asuransi kesehatan yang bisa Anda pilih:

1. AXA Mandiri Smartcare Executive

Asuransi PT Mandiri AXA General Insurance memberikan manfaat kepada nasabahnya beruba askes, rawat jalan, serta santuan meninggal dunia akibat kecelakaan. Selain itu, Axa Mandiri memberikan santunan tunai harian untuk rawat inap di rumah sakit akibat sakit maupun kecelakaan.

Seleksi kesehatan yang dilakukan juga cukup sederhana, yakni menjawab beberapa pertanyaan terkait kesehatan.

2. Zurich Principle Care

Asuransi kesehatan ini memberikan kesempatan bagi nasabahnya untuk mengajukan klaim maksimal sebanyak 3 kali atas penyakit kritis yang tidak berhubungan dan bukan komplikasi dari penyakit kritis sebelumnya, dengan manfaat asuransi hinga 175% dari nilai uang pertanggungan.

Advertisement

3. Allianz SmartHealth Maxi Violet

Allianz disebut-sebut sebagai salah satu asuransi kesehatan terbaik dengan produk kesehatan murni, SmartHealth Maxi Violet. Allianz memberi manfaat no claim bonus. Artinya, premi yang sudah dibayarkan oleh nasabah akan dikembalikan sebesar 20% apabila tidak ada klaim.

4. Manulife MiUltimate HealthCare

Perusahaan asal Kanada yang masuk ke Indonesia sejak 1989 ini memiliki sekitar 2,5 juta nasabah. Manulife menawarkan beberapa produk asuransi kesehatan cashless terbaik, salah satunya MiUltimate HealthCare (MiUHC).

Polis Manulife menanggung biaya rawat inap, bedah, melahirkan, hingga konsultasi psikologi yang bisa diklaim di seluruh Indonesia dan luar negeri.

5. Lippo HealthPlus Family

Premi asuransi kesehatan ini terbilang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp.416 ribuan per bulan untuk seluruh anggota keluarga.

Selain itu, manfaat lainnya bisa Anda dapat, antara lain tanggungan biaya rawat inap sesuai dengan tagihan rumah sakit, biaya kamar Rp.550 ribu hingga Rp1,4 juta per hari, limit manfaat tahunan Rp150-300 juta, memiliki 884 rumah sakit rekanan yang tersebar luas di wilayah Indonesia.

Pertimbangan Memilih Asuransi Kesehatan

Ada beberapa poin pertimbangan dalam memilih asuransi yang tepat, seperti jaringan rumah sakit yang luas. Utamakan yang berdekatan dengan tempat tinggal atau tempat kerja. Selain itu, Anda bisa memilih asuransi dengan sistem cashless. Dengan sistem ini, dalam keadaan darurat, Anda tidak perlu repot-repot membawa uang tunai, cukup tunjukan kartu polis asuransi ke pihak rumah sakit.

Carilah perusahaan asuransi yang menyediakan premi dan plafon seimbang. Artinya, usahakan agar premi yang dibayarkan sebanding dengan limit yang diberikan dan manfaat yang didapatkan.

Anda juga bisa memilih asuransi kesehatan yang memprioritaskan biaya rawat inap. Pasalnya, tak sedikit asuransi yang hanya menanggung rawat inap tanpa rawat jalan agar premi yang dibayarkan menjadi lebih terjangkau. Namun, sesuaikan juga dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Apabila dananya mencukupi untuk keduanya, akan lebih baik.

Selain hal-hal di atas, Anda juga bisa mempertimbangkan asuransi kesehatan yang punya skema limit yang menguntungkan, masa tunggu yang singkat. Supaya manfaat dari proteksi kesehatan yang Anda dapatkan lebih maksimal, sebaiknya pilih asuransi kesehatan murni.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait