Image title
Oleh Tim Redaksi
30 Januari 2020, 15:43

Wawancara Eksklusif Carole Cadwalladr: Keamanan Data di Era Digital

Carole Cadwalladr adalah wartawan The Observer, dari Inggris. Dia yang menguak skandal pencurian data pengguna Facebook oleh Cambridge Analytica. Dalam forum TED Talk, Cadwalladr menjelaskan bagaimana internet, terutama media sosial punya peran besar dalam membentuk opini publik, tanpa mengenal batas negara.

Carole melakukan investigasi yang dilakukannya usai jajak pendapat memutuskan Inggris keluar dari Uni Eropa atau yang lebih dikenal dengan Brexit. Saat itu, Juni 2016, Cadwalladr pergi ke Ebbw Vale, sebuah kota kecil di Wales. Beberapa orang yang ditemuinya menyatakan bahwa alasan mereka memilih Brexit adalah karena Uni Eropa ‘mengirim’ terlalu banyak imigran dan pengungsi.

Saat bertanya dari mana warga mendapat berbagai informasi menyesatkan itu, di antara mereka ada yang menjawab, “Facebook”. Saat itu, Facebook menayangkan berbagai iklan, baik komersil maupun politis tanpa keterangan mengenai siapa pihak yang bertanggung jawab atas iklan itu. Masalahnya, dalam beberapa kasus, iklan politik itu berisi misinformasi, bahkan hoaks.

Simak kisah Carole terhadap investigasi yang ia lakukan dan rentannya penyalahgunaan data di era teknologi, bersama Sorta Tobing, Redaktur Katadata.co.id.

Editor: Redaksi