Image title
23 November 2022, 18:22

Video: Impor Baju Bekas Ilegal Mengancam Industri Tekstil Nasional

Selain ancaman resesi, industri tekstil juga mesti bersaing dengan produk impor di pasar domestik. Tren thrifting atau membeli baju bekas tengah menjamur di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan. Pasalnya, barang yang dijual thrift shop sebagian besar berupa pakaian yang dijual murah. Wakil Ketua Umum API Anne Patricia Sutanto meminta pemerintah segera menghentikan impor baju bekas ilegal.

Kekhawatiran industri terhadap impor baju ilegal ini beralasan. Mengutip data ekspor-impor BPS, nilai impor baju bekas meroket 607,6% (yoy) pada Januari-September 2022.

Besarnya nilai impor baju bekas ini bahkan mengalahkan nilai impor pakaian dan aksesorisnya (rajutan) serta pakaian dan aksesorisnya (non-rajutan).

Puluhan ribu tenaga kerja di industri tekstil dalam negeri dilaporkan mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, jumlah tenaga kerja di sektor ini memang sedang menurun. Ini terlihat dari data Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Agustus 2022. 

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.