Revita Rita Rani
5 Desember 2022, 14:43

Video: Negara-negara Yang Menggunakan CBDC, Indonesia Akan Menyusul

Bank Indonesia tengah mengembangkan sistem dan skema penerapan Central Bank Digital Currency (CDBC) di Indonesia alisa Digital Rupiah yang sudah dirinci dalam Buku Putih Proyek Garuda. 

Selain Indonesia sekitar 87 negara lain sedang dalam proses penelitian dan pengembangan CBDC, atau mewakili lebih dari 90% Produk Domestik Bruto (PDB) dunia. Tercatat sudah ada 9 negara di dunia yang resmi menggunakan CBDC dalam transaksi ekonominya. 

Bahama menjadi negara pertama yang resmi menggunakan CBDC pada Oktober 2020, disusul oleh Nigeria pada September 2022 lalu. Sementara itu 19 negara lain termasuk negara-negara ASEAN, seperti Malaysia dan Thailand, tengah dalam proses persetujuan konsep sebelum secara resmi meliris peredaran CBDC-nya. 

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.