Revita Rita Rani
13 Desember 2022, 14:53

Video: Warga Sipil Bisa Jadi TNI, Apa Itu Pangkat Letkol Tituler

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan pangkat Letnan Kolonel Tituler kepada selebritas Deddy Corbuzier. Juru Bicara Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak menjelaskan pemberian pangkat tersebut berarti Deddy kini terikat dengan aturan militer. 

Ia menjelaskan, pangkat tersebut diberikan karena Deddy dianggap memiliki kemampuan komunikasi di media sosial dalam menyebarkan pesan-pesan kebangsaan. Kemampuan tersebut, menurut dia, dibutuhkan oleh TNI. 

"Kemampuan dan performa Deddy  akan membantu TNI untuk menyebarkan pesan-pesan kebangsaan dan sosialisasi tugas-tugas TNI ," kata Dahnil. 

Menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2010 tentang Administrasi Prajurit Tentara Nasional Indonesia, pangkat Letnan Kolonel Tituler TNI adalah pangkat yang hanya diberikan kepada warga negara dan kedudukannya sepadan dengan jabatan keprajuritan serendah-rendahnya jabatan Letnan Dua.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.