Revita Rita Rani
30 Januari 2023, 12:19

Video: Kuliner Favorit Raja Mangkunegaran di Pracima Tuin, Solo

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabumi meresmikan Pracima Tuin atau Taman Pracima yang ada di dalam Pura Mangkunegaran, Solo. Peresmian dilakukan pada Sabut (21/1) dan menjadi bentuk dukungan penuh pemerintah terhadap pelestarian seni dan budaya. Taman itu kini sudah bisa dibuka untuk publik meski masih dalam jumlah terbatas, yakni 75 sampai 150 orang per hari.

Setelah diresmikan, Taman Pracima akan menjadi salah satu pusat interaksi budaya di Surakarta. Ke depannya, akan dilakukan sejumlah kegiatan budaya sehingga bisa menjadi objek wisata baru yang bisa dikunjungi masyarakat.

Mangkunegara X GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo mengatakan setelah soft opening, taman dibuka untuk publik secara bertahap hingga pemugaran selesai pada Maret 2023. 

Selain berwisata dan menikmati pertunjukan seni budaya, di Pracima Tuin, para pengunjung juga mencicipi berbagai hidangan khas Solo di restoran yang ada di dalam kompleks Pracima Tuin. Selain itu pada beberapa kesempatan juga akan disediakan menu khusus khas Mangkunegaran, di antaranya brubus dan dendeng age.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.