Cina Bantah Akan Ambil Alih Pangkalan Bagram di Afganistan

Rezza Aji Pratama
8 September 2021, 16:43
Cina, Afganistan, pangkalan militer
ANTARA FOTO/Staff Sgt. Brandon Cribelar/U.S. Marine Corps/Handout?via REUTERS/AWW/djo
Warga yang dievakuasi dari Afghanistan menaiki pesawat militer dari Kabul, Afghanistan dalam foto yang diambil pada Kamis (19/8/2021), di lokasi tak disebutkan dan dirilis pada Jumat (20/8/2021). ANTARA FOTO/Staff Sgt. Brandon Cribelar/U.S. Marine Corps/Handout?via REUTERS/AWW/djo

Pemerintah Cina membantah akan mengambil alih pangkalan militer Amerika Serikat di Bagram, Afganistan

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Cina Wang Wenbin menegaskan Beijing tidak dalam sedang dalam pembicaraan dengan Taliban untuk menggunakan pangkalan udara yang ditinggalkan militer AS tersebut. Keberadaan Bagram memang strategis sebab telah menjadi markas tentara Amerika selama menjalankan misi di Afganistan.

“Ini jelas-jelas informasi yang keliru,” ujar Wenbin seperti dikutip dari South China Morning Post, Rabu (8/9).

Dalam keterangan lebih lanjut, Tiongkok mengklaim akan menghormati kedaulatan dan independensi Afganistan di bawah rezim Taliban. Beijing juga menegaskan tidak berminat membangun pangkalan militer di luar teritori negaranya. 

Isu langkah Cina tersebut bermula dari pernyataan mantan Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley. Dalam wawancaranya dengan Fox News, Haley menegaskan Pemerintah AS harus mengawasi Tiongkok yang berpotensi menduduki pangkalan militer Bagram.

“Saya rasa mereka [Cina] akan membuat pergerakan di Afganistan dan memanfaatkan Pakistan agar bisa memiliki posisi lebih kuat terhadap India,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...