Bertambah, Korban Kebakaran Lapas di Tangerang Jadi 44 Orang

Rezza Aji Pratama
9 September 2021, 11:36
lapas, kebakaran,
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa.
Sejumlah anggota keluarga korban kebakaran Lapas Kelas 1 A Tangerang menunggu proses pendataan di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta, Rabu (8/9/2021). Kepolisian membuka Posko Ante Mortem untuk menerima laporan dari keluarga korban kebakaran Lapas kelas 1A Tangerang. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa.

Korban meninggal dalam insiden kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang bertambah menjadi 44 orang. Tambahan tiga orang berasal dari warga binaan yang dirawat akibat luka berat dalam peristiwa tersebut.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Rika Aprianti mengatakan ketiganya meninggal dunia dalam perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang. Mereka yang menjadi korban adalah Hadiyanto bin Ramli, warga Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Korban kedua yakni atas nama Adam Maulana bin Yusuf Hendra, warga Kelurahan Cimerang, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Korban ketiga yakni Timothy Jaya bin Siswanto narapidana tindak pidana narkotika yang diketahui beralamat Taman Imam Bonjol, Tangerang.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menjanjikan uang santunan senilai Rp30 juta kepada masing-masing keluarga narapidana yang menjadi korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang.

"Sebagai bagian perwujudan duka, kami akan memberikan santunan senilai Rp30 juta kepada masing-masing keluarga korban," kata Menkumham Yasonna Laoly.

Kemenkumham juga telah membentuk lima tim untuk menangani kejadian tersebut, salah satunya khusus membantu pemulasaraan, pemakaman, dan pengantaran jenazah. Kebakaran di Lapas Kelas 1 Tangerang terjadi pada Rabu dini hari yang bermula dari blok C2. Blok ini memiliki 19 kamar berkapasitas 40 orang saja. Namun, saat insiden kebakaran berlangsung blok ini dihuni oleh 122 orang warga binaan. Sebelumnya, 41 orang dikabarkan meninggal dunia, delapan orang lainnya luka berat, sementara 72 orang lainnya mengalami luka ringan. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...