Sosok Abu Rusydan, Dewan Syuro JI yang ditangkap Densus 88

Rezza Aji Pratama
13 September 2021, 14:45
abu rusydan, terorisme
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Personel kepolisian berbaju sipil menggelar barang bukti saat dilakukan penggeledahan di bekas markas Front Pembela Islam (FPI), Petamburan, Jakarta, Selasa (27/4/2021). Tim Densus 88 Antiteror menggeledah tempat tersebut pascapenangkapan mantan Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman terkait kasus dugaan tidak pidana terorisme.

Dewan Syuro Jamaah Islamiyah Abu Rusydan yang ditangkap Detasemen Khusus 88 Anti Teror Mabes Polri pada Jumat (10/9) disebut punya pengaruh besar di kalangan anak muda. Siapa sebenarnya Abu Rusydan?

Pengamat Terorisme Ridlwan Habib menyebut Abu Rusydan merupakan sosok penting dalam jejaring terorisme di Indonesia. Ia alumni pelatihan militer mujahidin Afghanistan pada 1990. Abu juga disebut pernah latihan militer di Camp Sadda, Pakistan dan pernah kontak langsung dengan Osama Bin Laden. 

Dalam pengusutan kasus Bom Bali I pada 2022, Abu Rusydan didakwa menyembunyikan tersangka Mukhlas. Pada periode tersebut, ia diketahui menjabat sebagai Pelaksana Tugas Harian Amir Jamaah Islamiyah meskipun dalam persidangan ia membantahnya. Abu Rusydan akhirnya divonis hukuman tiga tahun enam bulan penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 25 Februari 2002. "Setelah bebas, Abu Rusydan berdakwah keliling Indonesia dan sangat populer di YouTube, " kata Ridlwan, dalam keterangan resmi, Minggu (12/9).

Abu Rusydan lahir di Kudus pada 19 Agustus 1960 dengan nama asli Thoriqun. Belakangan, ia lebih dikenal denyan nama Thoriquddin.

Berdasarkan penelusuran di Youtube, video Abu Rusydan memang mudah ditemukan. Kendati ia tidak memiliki kanal Youtube sendiri, rekaman ceramahnya bisa diunggah oleh sejumlah akun. Isinya bermacam-macam mulai dari soal syariat dan hukum-hukum Islam hingga kehidupan sehari-hari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...