Aparat Evakuasi Dua Nakes yang Lari Saat Baku Tembak di Kiwirok

Rezza Aji Pratama
14 September 2021, 19:34
Baku tembak, papua
ANTARA FOTO/Gusti Tanati/wpa/foc.
Dirlantas Polda Papua, Kombes Pol Mohamad Nasihin (kanan) memeriksa kendaraan saat Apel Pengecekan Kesiapan Kendaraan jelang PON XX Papua di PTC Entrop, Jayapura, Papua, Senin (6/9/2021). Dirlantas Polda Papua menerima 51 kendaraan dari Korlantas polri untuk mendukung pelaksanaan PON XX Papua.

Aparat tengah berupaya mengevakuasi dua orang tenaga kesehatan yang sempat menghilang dalam insiden baku tembak aparat dan kelompok separatis di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua pada Senin (13/9).

Kapolda Papua Irjen Polisi Mathius Fakhiri menjelaskan kedua nakes tersebut diduga terjatuh ke jurang saat melarikan diri ketika baku tembak terjadi. "Anggota TNI/Polri sedang berupaya mengevakuasi kedua korban," kata Kapolda Papua dikutip dari Antara,  Selasa (14/9).

Advertisement

Dari laporan yang diterima, selain dua nakes yang masih belum berhasil dievakuasi, mereka dalam kondisi terluka. Aparat juga masih mencari keberadaan seorang nakes yang hingga kini belum diketahui rimbanya.

Kontak senjata antara kelompok bersenjata dan personel TNI/Polri terjadi pada hari Senin (13/9) yang menyebabkan seorang anggota Yonif 403/WP terluka di bagian lengan kanan. Kelompok pimpinan Lamek Taplo juga melakukan pembakaran fasilitas umum, antara lain Kantor BPD Papua, puskesmas, gedung sekolah dasar, dan rumah warga.

Sementara itu, Komandan Korem 172/PWY, Brigadir Jenderal TNI Izak Pangemanan mengatakan, kelompok bersenjata Lamek Taplo saat ini diduga berada di sekitar Distrik Okhika, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement