Cina Kecam Keras Pakta AUKUS

Rezza Aji Pratama
17 September 2021, 13:17
Aukus, cina
123RF.com/hulv850627
Ilustrasi kapal perang milik militer Tiongkok.

Cina bereaksi keras atas langkah Australia, Inggris, dan Amerika Serikat yang membentuk pakta pertahanan Aukus di kawasan Indo-Pasifik.

Juru bicara kementerian luar negeri China Zhao Lijian mengatakan perjanjian itu merusak perdamaian dan stabilitas regional. Kesepakatan trisula itu juga juga mengintensifkan perlombaan senjata. 

"Ekspor teknologi kapal selam nuklir yang sangat sensitif oleh Amerika Serikat dan Inggris ke Australia sekali lagi membuktikan bahwa mereka menggunakan ekspor nuklir sebagai alat permainan geopolitik dan mengadopsi standar ganda, yang sangat tidak bertanggung jawab," kata Zhao, dikutip dari Reuters, Jumat (17/9).

Zhao mengatakan kesepakatan itu memberi negara-negara kawasan alasan untuk mempertanyakan ketulusan Australia dalam mematuhi komitmen non-proliferasi nuklirnya. Pakta Aukus merupakan aliansi pertahanan untuk berbagi teknologi canggih di antara ketiga negara. Salah satu upaya pertama yang akan dilakukan adalah membantu Australia membangun kapal selam bertenaga nuklir. Australia akan menjadi negara ketujuh yang memiliki kapal selam bertenaga nuklir jika proyek tersebut sudah selesai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...