Bursa Capres: Sandi Berpeluang, Namun Harus Buktikan Dulu Kinerjanya

Relawan pendukung Sandiaga Uno mendeklarasikan jagoannya untuk maju sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Begitupula dengan para pendukung Ganjar Pranowo dan Erick Thohir.
Image title
20 September 2021, 14:31
capres, sandiaga uno, elektabilitas
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno memberikan hormat usai bertemu dengan Menpora Zainudin Amali terkait kerjasama pengembangan 'sport tourism' di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (5/1/2021). Kerjasama tersebut dilakukan sebagai langkah Kemenparekraf mengembalikan geliat perekenomian masyarakat daerah melalui 'sport tourism' di tengah pandemi COVID-19.

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin menilai Sandiaga Uno berpeluang besar maju sebagai bakal calon presiden dalam Pemilu 2024.

Sejumlah nama memang mulai bermunculan meskipun waktu Pemilu 2024 belum ditetapkan. Salah satunya adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Para pendukungnya yang bernaung di bawah panji Relawan Kawan Sandi (RKS) bahkan sudah mendeklarasikan Sandiaga Uno sebagai bakal calon Presiden. Dalam deklarasi yang dilakukan di Pelabuhan Rakyat Paotere Makassar itu, Sandi digadang-gadang mampu mengembang amanah masyarakat dalam kaitannya dengan pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

Kendati demikian, Ujang menilai Sandi harus terlebih dahulu membuktikan kinerjanya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Faktor elektabilitas juga penting diperhitungkan sebelum mantan pasangan Prabowo di Pemilu 2019 itu memantapkan diri bertarung di 2024.

Ujang menilai sejumlah tokoh yang saat ini terjaring dalam lembaga survei, memiliki peluang yang sama untuk bisa menjadi capres atau cawapres. “Semua masih punya peluang dan kesempatan yang sama, atau nanti bisa saja ada tokoh yang muncul kemudian yang tak terjaring dalam survei. Karena hingga kini semua calon elektabilitasnya masih di bawah 30%,” kata Ujang saat dihubungi Katadata, Senin (20/9).

Menurut Ujang, Prabowo dan Sandiaga memiliki peluang muncul kembali dalam pemilu 2024 mendatang. Namun dia menegaskan peluang keduanya maju dalam pemilu mendatang mungkin menggunakan caranya masing-masing. Hal ini bergantung pada dinamika politik yang berkembang hingga nanti.

Guna memperlancar majunya sandiaga dalam pemilu 2024, Ujang mengatakan perlunya dukungan tokoh yang dapat mengontrol elektabilitas sandiaga.

“[Tokohnya] Saya belum tahu. Karena harus melihat dan mengamati elektabilitas tokoh-
tokoh hingga akhir. Saat ini semua masih cair. Belum kelihatan pasangannya itu,” kata
Ujang.

Di sisi lain, Presiden Partai Keadilan Sejahtera Ahmad Syaikhu menjagokan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pemilu 2024. Keduanya dinilai cocok dan sudah terbukti sukses di DKI Jakarta.

Tidak hanya Sandi, para pendukung Ganjar Pranowo juga sudah mencuri start mendeklarasikan jagoannya. Gubernur Jawa Tengah itu bahkan sudah dipasangkan dengan Menteri BUMN Erick Thohir.
Erick sendiri menanggapi kabar tersebut dengan santai. “Saya rasa kecepetan. Hari ini kita sedang menghadapi Covid, sedang menghadapi ekonomi yang lagi susah. Kok kita malah mikirin ke sana," ujar Erick, Sabtu (19/9).

Penyumbang Bahan: Mela Syaharani

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait