Bursa Capres: Sandi Berpeluang, Namun Harus Buktikan Dulu Kinerjanya

Rezza Aji Pratama
20 September 2021, 14:31
capres, sandiaga uno, elektabilitas
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno memberikan hormat usai bertemu dengan Menpora Zainudin Amali terkait kerjasama pengembangan 'sport tourism' di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (5/1/2021). Kerjasama tersebut dilakukan sebagai langkah Kemenparekraf mengembalikan geliat perekenomian masyarakat daerah melalui 'sport tourism' di tengah pandemi COVID-19.

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin menilai Sandiaga Uno berpeluang besar maju sebagai bakal calon presiden dalam Pemilu 2024.

Sejumlah nama memang mulai bermunculan meskipun waktu Pemilu 2024 belum ditetapkan. Salah satunya adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Para pendukungnya yang bernaung di bawah panji Relawan Kawan Sandi (RKS) bahkan sudah mendeklarasikan Sandiaga Uno sebagai bakal calon Presiden. Dalam deklarasi yang dilakukan di Pelabuhan Rakyat Paotere Makassar itu, Sandi digadang-gadang mampu mengembang amanah masyarakat dalam kaitannya dengan pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

Advertisement

Kendati demikian, Ujang menilai Sandi harus terlebih dahulu membuktikan kinerjanya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Faktor elektabilitas juga penting diperhitungkan sebelum mantan pasangan Prabowo di Pemilu 2019 itu memantapkan diri bertarung di 2024.

Ujang menilai sejumlah tokoh yang saat ini terjaring dalam lembaga survei, memiliki peluang yang sama untuk bisa menjadi capres atau cawapres. “Semua masih punya peluang dan kesempatan yang sama, atau nanti bisa saja ada tokoh yang muncul kemudian yang tak terjaring dalam survei. Karena hingga kini semua calon elektabilitasnya masih di bawah 30%,” kata Ujang saat dihubungi Katadata, Senin (20/9).

Menurut Ujang, Prabowo dan Sandiaga memiliki peluang muncul kembali dalam pemilu 2024 mendatang. Namun dia menegaskan peluang keduanya maju dalam pemilu mendatang mungkin menggunakan caranya masing-masing. Hal ini bergantung pada dinamika politik yang berkembang hingga nanti.

Guna memperlancar majunya sandiaga dalam pemilu 2024, Ujang mengatakan perlunya dukungan tokoh yang dapat mengontrol elektabilitas sandiaga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement