Retno Marsudi Ingin Rakyat Afghanistan Segera Dapatkan Vaksin

Rezza Aji Pratama
23 September 2021, 13:27
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat melakukan pertemuan dengan Sekjen OKI, di sela sela Sidang Umum PBB ke-76 di New York, Rabu (22/9).
Kementerian Luar Negeri
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat melakukan pertemuan dengan Sekjen OKI, di sela sela Sidang Umum PBB ke-76 di New York, Rabu (22/9).

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mendorong komunitas internasional untuk mempercepat vaksinasi bagi rakyat Afghanistan melalui mekanisme dose-sharing.

Retno menyampaikan hal tersebut dalam pertemuan Menlu G-20 yang dihelat di sela-sela Sidang Umum ke-79 PBB di New York Amerika Serikat. Retno mengaku khawatir bahwa

kemajuan yang selama ini telah dicapai di Afghanistan dapat mengalami kemunduran, termasuk di bidang pembangunan dan pemberdayaan perempuan.

Retno melanjutkan, masyarakat internasional harus bersatu menyampaikan harapan yang sama. Ada tiga isu yang menjadi fokus utama di Afghanistan; pemerintahan inklusif, penghormatan terhadap HAM dan hak perempuan, serta memastikan agar wilayah Afghanistan tidak menjadi pusat pelatihan kegiatan terorisme. 

“Saya menyampaikan pentingnya Taliban memenuhi semua janji-janji yang telah disampaikan. Diperlukan langkah nyata untuk memenuhi janji tersebut,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (22/9).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...