Pengamat: Duet Anies-Ridwan Kamil di Pemilu 2024 Sulit Terwujud

Rezza Aji Pratama
29 September 2021, 16:17
Ridwan Kamil dan salim asegaf
Katadata
Ketua Majelis Syura PKS Dr Salim Segaf Al Jufri panen raya bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Karawang (Donny/PKSFoto)

Peluang duet Anies Baswedan dan Ridwan Kamil untuk bertarung bersama dalam kontestasi Pemilu 2024 dinilai sulit terwujud.

Pengamat politik Hendri Satria mengatakan Anies dan Ridwan memang memang memiliki peluang besar masuk bursa calon presiden di 2024. Namun, keduanya bukan kader partai politik sehingga akan menjadi batu sandungan untuk mencalonkan diri, apalagi berpasangan.

“Meski mereka dalam hasil survei kinclong, tetap saja kalau enggak dapat tiket parpol ya enggak bisa. Memang undang-undangnya mensyaratkan begitu,” kata Hendri, Rabu (29/9).

Hal senada diutarakan oleh pengamat politik Ujang Komarudin. Ujang menilai peluang Anies dan Emil menjadi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dalam kontestasi 2024 akan sulit terjadi. Alasannya sama, mereka tidak punya partai politik.

“Kans Anies-Emil itu sulit terlaksana, karena mereka dua-duanya kepala daerah. Mereka juga tidak punya partai. Jika tidak ada dukungan partai ya akan lewat walaupun punya elektabilitas yang lumayan,” kata Ujang kepada Katadata, Rabu (29/9).

Ujang menyoroti persoalan bahwa para pimpinan partai politik tidak akan rela apabila yang maju menjadi calon presiden dan calon wakil presiden adalah kepala daerah. Di samping itu, ia menyodorkan skenario bahwa yang bisa menjadi pasangan calon adalah ketua umum partai dengan kepala daerah.
“Kalau Anies atau Emil ingin maju, mereka harus memastikan dahulu tiket dari parpol dan elektabilitas yang tinggi,” pungkas Ujang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...