Resmi Jadi Pimpinan DPR, Ini Prioritas Lodewijk Paulus

Rezza Aji Pratama
30 September 2021, 16:31
Lodewijk Paulus
Katadata
Anggota DPR Fraksi Partai Golkar Lodewijk F Paulus mengucap sumpah jabatan saat dilantik pada Rapat Paripurna DPR Ke-6 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2021-2022 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/9/2021). Rapat Paripurna DPR menetapkan Lodewijk F Paulus sebagai Wakil Ketua DPR menggantikan Azis Syamsuddin yang mengundurkan diri karena terjerat kasus dugaan korupsi. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.

Wakil Ketua DPR Lodewijk Paulus menekankan sejumlah isu mulai dari pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON), pemilihan calon Panglima TNI, hingga persiapan Pemilu 2024 dalam peran barunya sebagai pimpinan legislatif.

Sebelumnya, Rapat Paripurna DPR pada Kamis (30/9) resmi mengangkat Sekjen Partai Golkar ini menjadi Wakil Ketua DPR menggantikan Azis Syamsudin. Lodewijk akan menjadi koordinator di bidang politik dan keamanan. Dalam menjalankan tugasnya, ia bermitra dengan Komisi I, Komisi II, Komisi III, Badan Legislasi, dan Badan Kerjasama Antar-Parlemen.

"PON Papua menjadi pertaruhan bangsa ini, bagaimana dengan kondisi pandemi, dan situasi Papua saat ini, maka PON bisa dilaksanakan dengan baik," kata Lodewijk dikutip dari Antara, Kamis (30/9).

Persoalan lain, ia juga menekankan soal pergantian Panglima TNI yang harus segera dilakukan mengingat Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun. Ia berharap Presiden Joko Widodo segera mengajukan nama ke DPR sehingga sebelum selesai reses Indonesia sudah punya Panglima TNI baru. Seperti diketahui, DPR akan menjalankan reses pada 8 Oktober-7 November 2021.

Persoalan lain yang tidak kalah mendesak adalah simulasi jadwal Pemilu 2024. Ini mendesak dilakukan sebab KPU dan Pemerintah masih berbeda pendapat mengenai jadwal pencoblosan. Jika KPU menginginkan tanggal 21 Februari 2024 sebagai hari H, pemerintah meminta tanggal 15 Mei 2024.

"Lalu juga perlu digladikan tentang kesiapan KPU, apakah dengan selesainya Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden yang dimulai tanggal 15 Mei, apakah ada 1, 2, atau 3 calon," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...