Kejagung Memburu Aset Terdakwa Korupsi Asabri Hingga ke NTB

Rezza Aji Pratama
30 September 2021, 16:55
Pengendara sepeda motor melintas di depan Hotel Goodway di jalan Imam Bonjol Nagoya, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (20/4/2021). Penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) menyita Hotel Goodway milik tersangka Benny Tjokrosaputro terkait kasus dugaan korupsi P
ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/hp.
Pengendara sepeda motor melintas di depan Hotel Goodway di jalan Imam Bonjol Nagoya, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (20/4/2021). Penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) menyita Hotel Goodway milik tersangka Benny Tjokrosaputro terkait kasus dugaan korupsi PT Asabri (persero).

Kejaksaan Agung menelusuri aset milik terdakwa korupsi pengelolaan dana investasi PT Asabri Benny Tjokrosaputro di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Juru Bicara Kejati NTB Dedi Irawan mengatakan tiga tim dari Kejaksaan Agung datang langsung NTB untuk memulihkan kerugian negara dalam kasus Asabri. Mereka menyambangi Pulau Lombok dan Sumbawa yang diduga menjadi lokasi aset milik Benny Tjokro.

Advertisement

"Jadi ada beberapa titik yang dicek. Ada yang di Mataram dan ada yang di Sumbawa," ujarnya dikutip dari Antara, Kamis (30/9).

Dedi melanjutkan aset di Sumbawa berupa lahan seluas 297,2 hektar dalam bentuk 151 bidang tanah di Desa Sepayung, Kecamatan Plampang, Kabupaten Sumbawa. Objek yang ditaksir bernilai Rp 30 miliar itu dimiliki oleh Benny bersama adiknya Teddy Tjokrosaputro.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung telah menyita lahan yang diproyeksikan untuk kawasan perumahan itu pada Mei 2021. Penyitaannya telah mendapatkan penetapan dari Ketua Pengadilan Negeri Sumbawa Besar No:194/Pen.Pid/2021/ PN.Sbw tertanggal 18 Mei 2021.

Kemudian untuk penelusuran aset di Kota Mataram, berkaitan dengan pusat perbelanjaan Lombok City Center di Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Pusat perbelanjaan yang kini sudah tidak lagi beroperasi tersebut berkaitan aset milik PT Bliss Property Indonesia Tbk. Emiten berkode POSA itu merupakan induk dari PT Bliss Pembangunan Sejahtera (BPS), pengelola Lombok City Center.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement