Sekda Tanjung Balai: Azis Syamsudin Punya Delapan Orang Dalam di KPK

Rezza Aji Pratama
4 Oktober 2021, 15:54
Yusmada Sekda Tanjung Balai
Katadata
Tersangka Sekretaris Daerah Kota Tanjungbalai Yusmada (kanan) memasuki Gedung Merah Putih KPK untuk menjalani pemeriksaan di Jakarta, Rabu (29/9/2021). Yusmada diperiksa terkait kasus dugaan suap lelang mutasi jabatan di Pemkot Tanjungbalai ANTARA FOTO/ Reno Esnir/hp.

Mantan Sekretaris Daerah Tanjungbalai Yusmada menyebut Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin memiliki sejumlah orang di KPK untuk mengamankan perkara korupsi.

Hal tersebut terungkap dari persidangan lanjutan kasus suap mantan penyidik KPK Stepanus Robin yang juga menyeret sejumlah kepala daerah. Jaksa Penuntut Umum KPK Heradian Salipi mengatakan dalam berita acara pemeriksaan (BAP), Yusmada menyebut Azis Syamsudin memperkenalkan Walikota Tanjung Balai Syahrial dengan Robin. Syahrial juga menyatakan Azis memiliki delapan orang di KPK yang bisa dimanfaatkan untuk mengamankan perkara.

“Itu Azis Syamsuddin ada amankan OTT dan pengamanan perkara, perkara apa?" tanya JPU, Senin (4/10).

"Tidak ada disampaikan," jawab Yusmada.

Yusmada sendiri sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus lelang mutasi jabatan di Pemerintah Kota Tanjungbalai tahun 2019. Dalam keterangannya, ia membenarkan peran Robin mengamankan perkara Syahrial di KPK.

Yusmada juga mengaku pernah menyetor Rp 100 juta kepada Syahrial. Uang itu sebagai ucapan terima kasih atas pelantikannya sebagai Sekda Tanjung Balai. Baru 10 hari menjabat, Yusmada langsung dipanggil KPK dalam penyelidikan proses seleksi sekda.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...