Dubes Inggris: AUKUS Akan Patuhi Prinsip Non-Proliferasi Nuklir

Image title
6 Oktober 2021, 14:49
Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins (kanan) berbincang dengan Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra (kiri) dalam kunjungan resmi pertamanya ke Bali di Gedung Graha Sewaka Dharma, Denpasar, Bali, Senin (23/9/2019)
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins (kanan) berbincang dengan Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra (kiri) dalam kunjungan resmi pertamanya ke Bali di Gedung Graha Sewaka Dharma, Denpasar, Bali, Senin (23/9/2019).

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins menegaskan para mitranya di pakta AUKUS akan menaati kewajiban Traktat Non-Proliferasi Nuklir dengan sangat serius.

Jenkins mengatakan pakta AUKUS yang dibentuk Inggris, Amerika Serikat, dan Australia akan mendorong stabilitas dan keamanan di kawasan Indo-Pasifik. Pakta ini, di mana salah satu inisiasi awalnya berupa penyediaan kapal selam bertenaga nuklir untuk Austalia, justru dinilai akan menguntungkan kawasan. 

Jenkins melanjutkan Australia telah berkomitmen untuk mematuhi standar tinggi untuk pengamanan, transparansi, verifikasi, dan akuntansi soal keamanan bahan nuklir.

"Kami tidak akan memulai kemitraan ini tanpa adanya komitmen tersebut,” kata Jenkins, Rabu (6/10).

Dalam keterangannya Jenkins juga menyampaikan bahwa kawasan Indo-Pasifik sangatlah penting baik di dalam maupun luar kawasan. Ia menjelaskan pada 2030 kawasan Indo-Pasifik akan menghasilkan lebih dari 40% dari PDB global. Bank Pembangunan Asia memperkirakan bahwa pada tahun 2050 pendapatan per kapita dalam hal keseimbangan daya beli akan meningkat enam kali lipat di Asia di mana angka tersebut menyerupai Eropa saat ini.

“Kawasan ini adalah rumah bagi produksi barang, jasa, dan rute perdagangan yang vital bagi ekonomi dan kesejahteraan dunia,” ujar Jenkins.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi telah menanggapi pembentukan AUKUS dengan menekankan pentingnya peran ASEAN dalam menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan. Retno mengatakan negara-negara Indo-Pasifik tidak menginginkan adanya peningkatan perlombaan senjata dan proyeksi kekuatan yang akan mengancam stabilitas keamanan.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...