Rusia Uji Coba Vaksin Covid-19 Berbentuk Semprotan Hidung

Cahya Puteri Abdi Rabbi
14 Oktober 2021, 08:04
S. . /WSJ/ Seorang spesialis mengumpulkan sampel usap dari kelinci di sebuah laboratorium pusat Federal untuk kesehatan hewan pada pengembangan vaksin melawan virus corona (COVID-19) untuk hewan, di Vladimir, Rusia, 9 Desember 2020.
ANTARA FOTO/REUTERS/VETANDLIFE.RU/Handout /WSJ/dj
S/WSJ/ Seorang spesialis mengumpulkan sampel usap dari kelinci di sebuah laboratorium pusat Federal untuk kesehatan hewan pada pengembangan vaksin melawan virus corona (COVID-19) untuk hewan, di Vladimir, Rusia, 9 Desember 2020.

Kementerian Kesehatan Rusia mengeluarkan izin uji coba fase dua untuk vaksin Sputnik V yang berbentuk semprotan hidung. 

Vaksin Sputnik V sebenarnya sudah dikembangkan sejak tahun lalu. Namun, program vaksinasi di negara tersebut berjalan lamban karena banyak warga Rusia yang enggan divaksin.  Menurut kantor berita TASS, vaksin ini terdiri dari dua dosis dan akan diuji di pangkalan pusat penelitian ilmiah Eco-Safety di St. Petersburg. Sebanyak 500 sukarelawan usia dewasa akan berpartisipasi. Otoritas setempat punya waktu hingga 31 September 2023 untuk melakukan uji coba. 

"Sertifikasi semprotan diharapkan bisa diperoleh pada 2022,” kata Direktur Pusat Penelitian Nasional Gamaleya Alexander Gintsburg, dikutip dari TASS News, Kamis (14/10).

Pada Selasa (12/10), Presiden Vladimir Putin mengatakan bahwa Rusia perlu mempercepat kampanye vaksinasi Covid-19. Pasalnya, angka kematian di negara itu terus meroket hingga menembus rekor kematian tertinggi dalam satu hari sejak awal pandemi. 

Sementara pada Juni lalu, pihak berwenang Rusia menyatakan bahwa vaksin semprot hidung yang cocok untuk anak-anak berusia 8 hingga 12 tahun telah diuji. Rencananya, otoritas akan meluncurkan produk baru pada September.

Mengutip World O Meters, pada Rabu (13/10), Rusia mencatat 28,190 kasus baru dan 973 kematian. Hingga saat ini, total kasus Covid-19 secara nasional di Rusia mencapai 7,832,964 kasus dengan 218,345 kematian.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...