Meski Ditegur PDIP Pusat, Pendukung Ganjar Tegaskan Tidak Akan Mundur

Image title
18 Oktober 2021, 16:38
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kiri), menyambut pilot maskapai penerbangan Citilink yang mendarat dari Surabaya di Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS), Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis (3/6/2021). Sebanyak 24 penumpang mendarat dari Surabaya dan 37 pen
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/foc.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kiri), menyambut pilot maskapai penerbangan Citilink yang mendarat dari Surabaya di Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS), Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis (3/6/2021). Sebanyak 24 penumpang mendarat dari Surabaya dan 37 penumpang berangkat menuju Jakarta pada penerbangan komersial perdana di Bandara JBS, menandai dimulainya operasional bandara secara komersial.

Barisan pendukung Ganjar Pranowo menegaskan masih akan tetap mendukung Gubernur Jawa Tengah itu meskipun ditentang Dewan Pengurus Pusat PDIP.

Wakil Ketua DPC PDIP Purworejo Albertus Sumbogo mengatakan ia panggil oleh DPP PDIP pada Jumat (15/10) dan bertemu dengan Ketua Bidang Kehormatan Komaruddin Watubun. Dalam pertemuan itu, Komaruddin mengingatkan kader partai agar tidak mendahului Ketua Umum Megawati dalam penentuan calon presiden.

Meskipun mendapatkan teguran secara lisan, Albertus mengklaim DPP tidak memintanya untuk mengundurkan diri. Ia juga menegaskan dirinya akan tetap menyuarakan dukungan kepada Ganjar untuk maju di Pilpres 2024. Albertus juga berencana memperkuat struktur gerakan dukungan dan menghimbau kader lain untuk tetap mendorong Ganjar Pranowo.

"Semakin kami di tekan, kami akan semakin melawan," ujar Albertus.

Pengamat Politik Universitas Al Azhar Ujar Komarudin menilai langkah DPP PDIP akan dianggap membungkam aspirasi yang ada di bawah. Menurutnya para kader internal lebih baik dibiarkan saja mendukung sosok selain Puan Maharani yang kini merupakan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...