Pemerintah Bakal Lelang 12 WK Migas Pada Tahun Depan

Image title
25 Oktober 2021, 18:33
Blok migas
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal melelang 12 wilayah kerja (WK) migas pada 2022.

Sekretaris Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM Alimuddin Baso mengatakan dalam lelang tersebut, investor bisa memilih bentuk kerja sama berupa gross split atau cost recovery. Ia berharap kegiatan ini dapat menggairahkan iklim investasi hulu migas di Indonesia.

Kementerian ESDM sebenarnya telah memulai proses lelang WK migas konvensional tahap I 2021 dengan menargetkan 10 WK. Namun realisasinya baru enam WK migas yang ditawarkan, terdiri dari empat WK melalui mekanisme penawaran langsung dan dua WK melalui lelang reguler.

Enam WK migas tersebut yakni  South CPP, Sumbagsel, Rangkas, Liman, Merangin III, dan North Kangean. Adapun dari empat WK Migas yang ditawarkan langsung setidaknya hanya dua WK migas saja yang laku.

"Lelang tahap dua 2021 direncanakan dilaksanakan pada awal kuartal empat 2021 dan akan kita tawarkan delapan WK Migas," ujarnya dalam Konferensi Pers Virtual terkait Update Kebijakan dan Capaian Kinerja Sektor ESDM Triwulan III Tahun 2021, Senin (25/10).

Guna meningkatkan minat investor terhadap WK migas yang ditawarkan, pemerintah kata Ali terus berupaya melakukan perbaikan. Diantaranya dengan memberikan fleksibilitas kontrak sesuai dengan Permen ESDM nomor 12 tahun 2020.

Selain itu WK migas yang ditawarkan ini juga akan mempunyai hitungan pembagian split yang berbeda dari sebelumnya. Adapun semakin besar risiko yang dihadapi KKKS  maka bagian split KKKS juga akan semakin besar.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Asosiasi Perusahaan Minyak dan Gas (Aspermigas) Moshe Rizal menilai kondisi saat ini cukup sulit bagi investasi hulu migas di Indonesia. Mengingat saingan dari beberapa negara lainnya cukup kuat.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...