Menkes Waspadai Varian Covid-19 AY.4.2 Asal Inggris

Rizky Alika
25 Oktober 2021, 20:18
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers terkait kedatangan vaksin COVID-19 Sinovac setibanya dari Beijing di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (18/4/2021). Sebanyak enam juta dosis vaksin COVID-19 Si
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers terkait kedatangan vaksin COVID-19 Sinovac setibanya dari Beijing di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (18/4/2021). Sebanyak enam juta dosis vaksin COVID-19 Sinovac yang dibawa dengan pesawat Garuda Indonesia tersebut, selanjutnya dibawa ke Bio Farma Bandung sebelum didistribusikan ke Kota dan Kabupaten di Indonesia. ANTARA/Muhammad Iqbal/aww.

Pemerintah terus memonitor perkembangan varian baru virus Covid-19 AY.4.2 yang saat ini tengah merebak di Inggris. 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan AY.4.2 merupakan turunan dari varian Delta. Varian tersebut turut berperan meningkatkan kasus konfirmasi di Inggris terutama pada periode Juli-Oktober 2021. 

Advertisement

"Dan ini masih terus meningkat," ujarnya, Senin (25/10).

Selain Inggris, beberapa negara di Eropa juga mengalami peningkatan kasus Covid-19.  Budi menegaskan meskipun varian AY.4.2 belum masuk Indonesia, pemerintah turut memantau perkembangan terbaru. Apalagi ia menilai potensi penularan varian AY.4.2 juga cukup mengkhawatirkan. 

Langkah yang diterapkan pemerintah antara lain dengan meningkatkan pengawasan di Tanah Air. Upaya ini dilakukan dengan memastikan seluruh kontak erat kasus Covid-19 melakukan pengetesan.

"Jadi protokol dilakukan sebaik-baiknya," katanya.

Kemudian, pemerintah juga mempercepat vaksinasi virus Covid-19, terutama untuk kelompok lansia. Sebab, kelompok ini memiliki risiko tinggi untuk masuk rumah sakit dan meninggal apabila terjadi lonjakan Covid-19 berikutnya.

Sebagaimana diketahui, Inggris kembali mengalami lonjakan kasus Covid-19 hingga menyebabkan rumah sakit mulai kewalahan menangani pasien.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement