KTT G20 Jadi Momentum Indonesia untuk Berbenah

Image title
28 Oktober 2021, 18:56
G20
123RF

Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 2022 mendatang dinilai dapat menjadi momentum bagi indonesia untuk berbenah diri.

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyampaikan dengan ditunjuknya Indonesia sebagai presidensi KTT G20, Indonesia tidak punya pilihan selain berbenah agar bisa menjadi tuan rumah yang baik.

"Jadi indonesia pasti mau tidak mau berbenah infrastruktur sarana prasarana transportasi IT dan sebagainya dan ini kesempatan betul-betul untuk menata diri supaya kita bisa menjadi tuan rumah yang baik," ujar Sudirman dalam diskusi daring pada Kamis (28/10).

Selain itu, gelaran KTT G20 juga dinilai sebagai kesempatan untuk mengubah persepsi dunia mengenai diplomasi Indonesia. Didapuknya Indonesia sebagai tuan rumah disebutnya akan memperbaiki persepsi yang dinilai terlalu melihat ke dalam atau fokus dengan diri sendiri dan sekaligus menepis pandangan bahwa Indonesia terlalu memblok suatu wilayah.

Selain itu kesempatan ini juga menjadi peluang bagi Indonesia untuk tampil sebagai pemimpin dengan menjadi jembatan dengan negara lain yang saat ini masih kesulitan dan terus berkembang. Indonesia dinilai memiliki kesempatan untuk menjadi jembatan antara negara berkembang dengan negara maju.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...