Pengamat: Target Nasdem Masuk Tiga Besar Masih Realistis

Image title
29 Oktober 2021, 15:06
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman (kiri) disambut Ketum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh (Kanan) saat pertemuan di DPP Nasdem, Jakarta, Rabu (29/1/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silahturahmi dan kunjungan balasan k
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman (kiri) disambut Ketum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh (Kanan) saat pertemuan di DPP Nasdem, Jakarta, Rabu (29/1/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silahturahmi dan kunjungan balasan ke DPP Partai Nasdem.

Para pengamat menilai target Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh untuk masuk dalam kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang.

Pengamat politik Arif Nurul Imam menyampaikan target Nasdem untuk masuk tiga besar masih realistis karena dalam dua kali pemilu yang iikuti Nasdem selalu memperoleh kenaikan kursi di parlemen. Hal tersebut kemudian mendorong optimisme untuk mencapai target tersebut.

"Kuncinya mesti serius dalam kerja politik dan membangun strategi yang tepat dalam pemenangan," ujar Arif kepada katadata pada Jumat (29/10).

Hal senada juga disampaikan oleh pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komaruddin. Target Nasdem untuk menjadi tiga besar dinilainya realistis terlebih lagi Nasdem masuk lima besar dalam Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019 lalu.

"Jadi jika ingin meraih tiga besar, itu butuh kerja-kerja politik yang real dan butuh perjuangan keras," jelas Ujang.

Sebelumnya dalam sambutan pembukaan Workhsop Nasional Anggota Fraksi Nasdem DPRD Provinsi, Kabupaten, dan Kota se-Indonesia di Jakarta, Surya Paloh menyampaikan bahwa Nasdem ada di komposisi tiga besar. Dirinya juga menyampaikan momentum jelang 2024 menjadi landasan penting agar nasdem bisa "eksis" hingga satu abad ke depan.

"Momentum tahun 2024 tidak boleh terlepaskan hanya dengan kerja-kerja biasa," ujar Surya seperti dikutip dari Antara.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...