MIND ID Cetak Kenaikan Laba Tinggi, Ini Alasan BUMN Copot Orias

Rezza Aji Pratama
29 Oktober 2021, 20:00
Menteri BUMN Erick Thohir (keempat kiri) didampingi (dari kiri) Direktur SPPU Pertamina Iman Rachman, Dirut PLN Zulkifli Zaini, Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury, Ketua Tim Kerja Percepatan Proyek EV
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.
Menteri BUMN Erick Thohir (keempat kiri) didampingi (dari kiri) Direktur SPPU Pertamina Iman Rachman, Dirut PLN Zulkifli Zaini, Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury, Ketua Tim Kerja Percepatan Proyek EV Nasional Agus Tjahajana, Group CEO Mind ID Orias Petrus dan Dirut Antam Dana Amin saat mengikuti konferensi pers pendirian Indonesia Battery Corporation (IBC) di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (26/3/2021).

Meskipun mencatatkan kinerja gemilang di kuartal III 2021, Kementerian BUMN justru mencopot Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak. Posisinya digantikan oleh Hendi Prio Santoso yang sebelumnya menjabat Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan penyegaran tim manajemen di MIND ID dilakukan untuk mengakselerasi transformasi industri tambang berkelanjutan. Ini akan dilakukan dengan optimalisasi program digital dan automasi smart mining 5.0.

MIND ID juga akan mengembangkan hilirisasi industri tambang menjadi terintegrasi dan komprehensif  antara downstream dan upstream.

“Ini untuk memaksimalkan yang bisa diperoleh di dalam negeri sehingga terbangun industri dalam negeri yang kuat,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (29/10).

Arya menambahkan MIND ID diproyeksikan menjadi motor penggerak dalam inisiatif pengembangan industri electric mobility nasional. Harapannya, upaya ini bisa mengurangi defisit devisa negara akibat net import energi serta pengurangan emisi karbon di sektor transportasi darat.

“Juga untuk mengakselerasi terciptanya ekosistem yang terintegrasi di sektor electric mobility dengan membuka peluang investasi dan kerjasama dengan pemain electric mobility global,” kata Arya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...