Sepak Terjang Andika Perkasa, Mantan Paspampres Calon Panglima TNI

Rezza Aji Pratama
3 November 2021, 12:24
Panglima TNI
ANTARA FOTO/Kornelis Kaha
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad ) Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) bergandengan tangan dengan istrinya saat tiba di bandara El Tari Kupang, NTT, Senin (9/12/2019).

Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI. Ia masih harus menunggu restu DPR sebelum resmi menduduki jabatan tertinggi komando militer itu. Seperti apa perjalanan karirnya? 

Jenderal TNI Andika Perkasa lahir di Bandung pada 21 Desember 1964. Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987 yang sebelum menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), pernah menduduki jabatan Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Andika Perkasa memang punya pendidikan dan karir yang moncer. Ia lulusan terbaik di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) dan pernah mengenyam sejumlah pendidikan militer di luar negeri. Di sisi lain, Andika merupakan menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono.

Andika Perkasa mengawali kariernya sebagai perwira pertama infanteri di jajaran korps baret merah (Kopassus) Grup 2 selama 12 tahun. Setelah mendapatkan penugasan di Departemen Pertahanan dan Keamanan (Dephankam) serta Mabes TNI-AD, kembali bertugas di Kopassus sebagai Komandan Batalyon 32/Apta Sandhi Prayuda Utama.

Nama Andika mulai muncul ke publik saat menjadi Kepala Dinas Penerangan TNI-AD dengan pangkat Brigadir Jenderal (Brigjen) pada 2013. Saat Presiden Joko Widodo naik tampuk kekuasaan di 2014, Andika ikut ke Istana sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres).

Pada 2016, Andika menduduki jabatan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII Tanjungpura, Kalimantan Barat dengan pangkat Mayor Jenderal. Dua tahun kemudian, Andika naik pangkat menjadi Letnan Jenderal dan menjadi Komandan Komando Pembina Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklat) sebelum akhirnya menjadi Pangkostrad.

Salah satu prestasi terbesar Andika yang disebut-sebut menyita perhatian Presiden adalah kesuksesannya menggelar latihan bersama Garuda Shield antara TNI AD dan militer Amerika Serikat pada 4-14 Agustus 2021.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...