Hanya Akan Menjabat Setahun, Ini Tantangan Andika Perkasa

Image title
3 November 2021, 20:16
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa( kanan) berdialog dengan sejumlah prajurit taruna saat upacara penutupan Pendidikan dan Wisuda Taruna/Taruni Akmil Tingkat IV T.A. 2020 di kompleks Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Senin
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/hp.
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Durasi masa jabatan Jenderal Andika Perkasa yang hanya akan berlangsung 13 bulan dinilai akan menjadi tantangan bagi calon Panglima TNI itu. 

Pengamat militer Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi mengatakan waktu bagi Andika untuk mereformasi TNI sangat sempit. Ia mempertanyakan apakah dalam kurun waktu tersebut ia bisa menjawab harapan yang dibebankan kepada Andika.

"Tantangan bagi Pak Andika sendiri untuk menunjukkan bahwa dalam waktu yang cukup singkat itu beliau masih bisa berbuat banyak," ujar Khairul kepada Katadata pada Rabu (3/11).

Seperti diketahui pada bulan Desember mendatang Andika akan berusia 57 tahun. Sementara Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI mengatur bahwa usia maksimal pensiun perwira adalah 58 tahun. Dengan demikian, jika ia terpilih menjadi Panglima, Andika hanya akan menjabat maksimal 13 bulan saja. 

Anggota Komisi I DPR Fraksi PPP Syaifullah Tamliha mengatakan setidaknya ada tiga hal yang perlu menjadi fokus Andika untuk berbenah jika terpilih menjadi Panglima TNI. Pertama adalah kesejahteraan prajurit, kemudian tindakan disiplin terhadap para Komandan Distrik Militer (Dandim) dan Komandan Resor Militer. Terakhir adalah untuk menghindari terjadinya gesekan antara TNI dengan Polri.

"Ia juga harus bekerja sama dengan Menteri Pertahanan untuk pengadaan alutsista  yang lebih transparan," ujar Syaifullah di kompleks parlemen pada Rabu (3/11).

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...