Mensesneg Sebut KSAL Yudo Bisa Jadi Panglima TNI setelah Andika

Image title
3 November 2021, 15:59
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (ketiga kanan) didampingi KSAL Laksamana TNI Yudo Margono (ketiga kiri) tiba untuk mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/5/2021). Rapat tersebut membahas peristi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp.
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (ketiga kanan) didampingi KSAL Laksamana TNI Yudo Margono (ketiga kiri) tiba untuk mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/5/2021).

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana  Yudo Margono disinyalir akan mendapat jabatan Panglima TNI setelah Jenderal Andika Perkasa memasuki masa pensiunnya pada akhir 2022 mendatang.

Menteri Seketaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan sisa jabatan Andika yang hanya tersisa 13 bulan tidak jadi masalah. Ia menegaskan terpenting syarat menjadi Panglima TNI merupakan seorang mantan kepala staff. Setelah memilih Marsekal Hadi Tjahjanto dari matra Angkatan Udara, pilihan kini jatuh kepada Andika dari matra Angkatan Darat.

Advertisement

Soal jatah dari matra Angkatan Laut, Pratikno tidak menampik kemungkinan Yudo untuk menggantikan Andika sebagai Panglima TNI saat Andika memasuki masa pensiun. Seperti diketahui Andika akan berusia 57 tahun pada bulan Desember mendatang sedangkan usia pensiun paling tinggi perwira TNI adalah 58 tahun.

"Ya kan bisa nanti pada periode-periode berikutnya," ujar Pratikno di kompleks parlemen pada Rabu (3/11).

Hal senada juga dikatakan oleh Anggota Komisi I DPR Fraksi PPP Syaifullah Tamliha. Dirinya mengatakan kesempatan akan tiba bagi Yudo untuk menjadi Panglima TNI setelah Andika pensiun. Pergiliran matra sebagai Panglima TNI sendiri juga sudah diatur dalam Pasal 13 ayat 4 Undang-Undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.

Dalam pasal tersebut berbunyi bahwa Jabatan Panglima sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dapat dijabat secara bergantian oleh Perwira Tinggi aktif dari tiap-tiap Angkatan yang sedang atau pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement